WISATA

6 Spot Menarik di Kebun Raya Bogor

Sri Yanti Nainggolan
Selasa 03 Mei 2022 / 11:57
Jakarta: Kebun Raya Bogor adalah salah satu destinasi favorit di libur Lebaran. Tempatnya yang luas dan asri membuat nyaman untuk berkunjung. 

Kebun Raya Bogor tak hanya sebagai tempat wisata dan konservasi, tapi juga spot olahraga bagi warga sekitar. Lokasinya yang asri memang enak untuk berkegiatan santai. Harga tiket masuk per orang pun tak mahal, yakni Rp16.500 saat hari biasa dan Rp26.500 saat akhir pekan atau hari libur. 

Berikut adalah beberapa spot menarik di Kebun Raya Bogor yang bisa Anda nikmati, dikutip dari situ resmi kebunraya.id. 

Baca: Bima Arya Terbitkan Surat Penolakan Wisata Glow di Kebun Raya Bogor
 

1. Taman Teijsmann

Taman Teijsmann dibangun pada tahun 1884 oleh DR. Melchior Treub sebagai bentuk penghargaan kepada Johannes Elias Teijsmann atas jasa-jasanya terhadap perkembangan Kebun Raya Bogor. Pada jaman Belanda, taman ini dibuat sebagai taman mawar bergaya Perancis dengan mengikuti pola taman formal Eropa yang ditata secara simetris. 

Di pusat taman ini, berdiri tegak sebuah tugu peringatan bagi Teijsmann, terbuat dari batu granit yang khusus didatangkan dari Berlin, Jerman. Pengunjung dapat melihat istana Bogor dari jarak dekat saat berada di Taman Teijsmann. 

Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
Taman Teijsmann di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
 

2. Taman Soedjana Kassan

Taman Sudjana Kassan dibangun pada 18 Mei 1985 sebagai penghargaan terhadap Sudjana Kassan, salah seorang kurator di Kebun Raya Bogor pada tahun 1949-1959. 

Daya tarik Taman Sudjana Kassan adalah monumen patung Sudjana Kassan dan ornamen taman yang ditata dalam satu relief besar berbentuk replika Burung Garuda Pancasila. Taman ini juga memiliki kolam air mancur bergaya klasik dan gazebo untuk istirahat. 

Taman Soedjana Kassan di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
Taman Soedjana Kassan di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
 

3. Taman Orchidarium

Orchidarium merupakan sebuah taman koleksi yang dibuat menyerupai habitat asli dimana tanaman anggrek Taman Orchidarium merupakan area konservasi dari tanaman anggrek alam yang berfungsi sebagai area penelitian dan pengembangan anggrek. 

Taman Orchidarium di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
Taman Orchidarium di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
 

4. Taman Obat

Sebagai area konservasi, Kebun Raya Bogor memiliki taman koleksi Obat yang terdiri dari berbagai macam jenis tanaman. Terdapat lebih dari 400 jenis tanaman obat di taman ini. 

Taman Obat di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
Taman Obat di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
 

5. Taman Nepenthes

Taman Nepenthes merupakan taman konservasi binaan Pertamina yang berada di wilayah Kebun Raya Bogor. Di Indonesia, Nepenthes dikenal dengan nama “Kantong Semar”. 

Kantong semar biasa hidup di daerah yang terbuka, lembab dan miskin hara. Nepenthes termasuk salah satu tumbuhan yang terancam kepunahannya akibat adanya alih fungsi lahan dan hutan sebagai habitat alaminya.

Taman Nepenthes di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
Taman Nepenthes di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
 

6. Taman Meksiko 

Taman Meksiko merupakan taman koleksi tanaman kaktus yang terdapat di Kebun Raya Bogor. Taman Meksiko berisikan kumpulan spesies tumbuhan iklim kering yang jumlahnya lebih dari 100 spesies, seperti: agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lain. Sebagian besar koleksi taman ini didatangkan dri Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Taman Meksiko di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id
Taman Meksiko di Kebun Raya Bogor. Website kebunraya.id

(SYN)

MOST SEARCH