WISATA

5 Makanan Khas Banyuwangi beserta Harganya

A. Firdaus
Selasa 21 September 2021 / 12:12
Banyuwangi: Banyuwangi adalah Kabupaten paling timur Pulau Jawa. Selain memiiki keindahan alamnya, daerah yang dijuluki The Sunrise of Java ini memiliki makanan khas yang diminati para wisatawan.

Melansir laman banyuwangitourism, berikut 5 makanan khas Banyuwangi:
 

1. Sego Cawuk




Nasi atau sego cawuk adalah nasi yang disiram dengan kuah khas. Bisa kuah pindang dan kuah trancam (kelapa parut). Kombinasi rasa dari siraman kuah gurih ini cocok dinikmati saat sarapan.

Harga: Rp15 ribu
 

2. Pia Glenmore



Jajanan ini disebut Pia Glenmore karena pusat pembuatannya berada di Kecamatan Glenmore yang terletak di selatan Banyuwangi. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh jika kamu berkunjung ke Banyuwangi.

Harga: Rp15 ribu
 

3. Kue Bolu Kuwuk



Tak lengkap jika datang ke Banyuwangi jika tidak mencicipi Kue Bolu Kuwuk. Biasanya ditaburi gula pasir putih yang dihaluskan. Camilan ini cocok disantap bersama dengan kopi atau teh saat sore hari.

Harga: Rp10 ribu
 

4. Sego Tempong




Bagi kamu yang suka pedas, coba uji adrenalinmu dengan mencicip Sego Tempong. Tempong adalah kata dalam Bahasa Suku Osing (Suku asli Banyuwangi) yang berarti tampar dalam bahasa Indonesia. Dinamai demikian karena rasa pedas dari nasi tempong memberikan sensasi seperti ditampar.

Harga: Rp15 ribu
 

5. Pecel Pitik




Makanan khas Banyuwangi yang merupakan perpaduan antara bumbu pecel yang dicampur dengan parutan kelapa dan ayam bakar.

Harga: Rp12 ribu
(FIR)

MOST SEARCH