End Google Analytics -->
WISATA

5 Gunung Favorit Pendaki di Jawa Barat

Medcom
Selasa 10 Januari 2023 / 16:18
Jakarta: Selain sebagai aktivitas berolahraga, mendaki gunung juga bisa dikatakan hobi. Ini bukan sembarang hobi lama. Mendaki gunung salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi kamu dan memiliki berbagai manfaat kesehatan fisik dan mental.

Hiking dapat membantu meningkatkan hubungan dan membersihkan paru-paru, bahkan membantu menjaga otak dan daya ingatmu tetap tajam. Mendaki, bisa bisa dilakukan sendiri atau bersama teman.

Jawa Barat juga terkenal memiliki potensi alam yang tinggi, banyak pedesaan, bukit, curug, hingga gunung yang bisa dikunjungi. Berdasarkan DisParBud JaBar, Provinsi Jawa Barat memiliki 5 gunung yang menjadi favoritnya para pendaki. Berikut di antaranya:
 

1. Gunung Salak


Gunung Salak terletak di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 2211 mdpl. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang bisa dibilang cukup mudah namun sangat melelahkan. Gunung Salak dapat didaki melalui beberapa jalur.



Puncak yang paling sering didaki adalah Puncak Salak II dan Salak I. Gunung salak juga memiliki kawah indah dengan belerang aktif yang bernama Kawah Ratu. Jalur trekking gunung salak melalui Cidahu yang nantinya kamu akan menemui jalur sungai yang membuat sepatumu basah!
 

2. Gunung Putri


Bagi para pemula, Gunung Putri merupakan gunung yang pas untuk didaki. Gunung ini terletak di kabupaten Bandung Barat dengan ketinggian 1.580 mdpl. Untuk menuju puncak, jalurnya terbilang mudah terutama bagi para pencinta mendaki gunung.



Kamu bisa masuk dari jalur Pasar Lembang, lalu ambil arah ke Tangkuban Perahu. Nanti, kamu akan melewati Masjid Agung Lembang, tidak jauh dari situ terdapat gang di mana plang arah menuju Gunung Putri akan terlihat. Dari gang tersebut, kamu tinggal mengikuti jalan kurang lebih 15 – 20 menit sampai akhirnya bertemu dengan gerbang kawasan Gunung Putri.
 

3. Gunung Burangrang


Gunung untuk pemula satu lagi yang berada di kawasan Bandung. Gunung Burangrang dengan ketinggian 2.064 meter di atas permukaan laut (mdpl) bisa dijadikan latihan mendaki bagi pemula untuk mendaki gunung yang lebih tinggi.



Gunung ini terletak di daerah Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dibatasi dengan kabupaten Purwakarta dan Subang. Jarak tempuh dari basecamp menuju puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Namun sangat disayangkan, gunung ini sudah nampak kebotakannya.
 

4. Gunung Papandayan


Yang memiliki pesona kawah selain Gunung Salak, Papandayan juga punya Kawah Mati yang indah. Gunung ini sudah dikelola oleh pihak swasta dan bukan lagi taman nasional, sehingga sudah banyak spot-spot yang dibangun seperti kolam renang dan pemandian air panas.



Saat ini untuk mendaki Papandayan juga sudah terdapat anak tangga hingga area tertentu, dan jalur yang sedikit landai. Sehingga gunung ini sekarang banyak dijadikan spot foto prewedding dan pendakian sehari, alias tanpa bermalam.
 

5. Gunung Cikuray


Negeri di atas awan adalah julukan yang diberikan para pendaki untuk Gunung Cikuray. Bagaimana tidak, jika kamu beruntung saat sampai di puncak dengan cuaca cerah, maka kamu akan berada di ketinggian yang melebihi awan, sehingga serasa sedang di negeri atas awan. Dari sini kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Papandayan, loh!



Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.821 mdpl. Namun kamu harus mempersiapkan fisik dan mental yang matang untuk mendaki gunung ini, karena treknya bisa dibilang sulit, terjal, dan sulit air.

Jalur Pemancar merupakan jalur paling populer yang titik awal pendakiannya dimulai dari Stasiun Pemancar Televisi Garut. Opsi kedua adalah summit track melalui Kiara Janggot. Untuk pilihan trek yang lebih singkat ada Jalur Pamalayan.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH