KULINER

5 Cara Buat Sus Mengembang dan Ringan

Yatin Suleha
Senin 23 Agustus 2021 / 07:00
Jakarta: Siapa yang tidak kenal dengan sus? Sus merupakan salah satu pastry yang disukai masyarakat Indonesia. Sus ini memiliki tekstur yang ringan, mengembang dan kopong. 

Karena kopong ini, kita bisa mengisinya dengan aneka isian. Untuk sus yang klasik, kita mengisinya dengan vla vanila. Vla ini tinggal kita semprotkan ke dalam sus yang dibuat.

Membuat sus ini tidak akan rugi karena rasanya enak dan pasti selalu jadi rebutan keluarga. Masalahnya, kalau membuat sus sendiri kendalanya adalah kulit yang tidak mengembang alias bantat.

Sus yang bantat ini banyak penyebabnya. Entah karena tidak pas membuat adonannya atau cara memanggang yang kurang pas.

Kalau sudah dari kulitnya saja gagal, tentu membuat sus tidak enak rasanya. Nah, ENDEUSiast yuk ikuti langkah membuat kue sus dari Endeus TV di bawah ini dijamin mendapatkan sus yang diinginkan.
 

1. Memilih bahan kulit sus


Bahan-bahan kulit sus yang dibutuhkan adalah air, margarin, telur, garam, tepung terigu, maizena, dan baking powder.

Tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu protein sedang supaya bisa mengembang dan pori-porinya tidak terlalu besar.

Kulit sus yang mengembang juga adalah hasil dari penggunaan baking powder. Sebelum digunakan, jangan mengeluarkan baking powder dari kalengnya ya. Kalau dikeluarkan, nanti baking powder tidak bisa mengembangkan adonan dengan baik.

Bahan-bahan ini harus ditakar dengan baik ya apalagi air, tepung, dan margarinnya. Baiknya, perbandingan air, tepung dan margarin adalah 2:1:1. Jadi dari 200 ml air, kita harus menyesuaikannya dengan 100 gram terigu dan 100 gram mentega.

Jumlah telur yang digunakan sebaiknya juga disesuaikan. Kalau terlalu sedikit kulit sus akan keras tapi mengembang. Sedangkan kalau banyak, kulit susnya akan sulit mengembang tapi lembut banget.

Untuk jalan tengahnya, baiknya gunakan tiga butir telur supaya bisa mengembang sus yang dihasilkan juga lembut.
 

2. Cara membuat adonan sus


Membuat adonan kulit sus pertama kita rebus dulu, air, garam, dan margarin sampai mendidih. Baru deh habis itu kita masukkan tepung terigu dan baking powdernya lalu aduk sampai rata. Kemudia nyalakan api supaya adonannya kalis.

Habis itu angkat adonan dari api dan kita dinginkan dulu sebelum telurnya masuk. Kalau telur masuk saat adonan masih panas, pastinya nanti kulit susnya akan meleber saat dipanggang.

Untuk mempercepat uap panas adonan kulit susnya keluar, kita bisa memixer adonan dengan kecepatan rendah saja.

Baru deh saat adonan sudah dingin, kita masukkan telurnya satu per satu agar tercampur rata. Adonan sus siap disemprot di atas loyang dan dipanggang.


sus
(Semprot isian kue sus ke atas agar tidak turun. Foto: Dok. Endeus TV)
 

3. Menyemprot adonan sus


Setelah adonan kulit sus jadi, kita masukkan ke dalam plastik segitiga. Gunakan dua buah plastik segitiga, ya, yang pertama untuk menaruh adonan, lapisan kedua untuk menaruh spuitnya.

Supaya bentuk kulit susnya bagus, gunakan spuit kembang atau spuit bintang.

Ada trik untuk menyemprot adonan supaya tidak turun. Semprotnya jangan melingkar ke samping tapi ke atas. Kalau disemprot melebar ke samping akan membuat hasil kulit sus tidak tinggi.
 

4. Cara memanggang sus


Kue sus ini dioven dengan suhu yang sangat panas supaya bisa mengembang sempurna. Bahkan, untuk mengoven sus ini diperlukan suhu hingga 200 derajat Celsius.

Ingat ya sebelum mengoven, pastikan panaskan dulu oven yang kita gunakan agar suhunya pas. Baru deh kita oven kue susnya selama 25 menit. Selama proses memanggang jangan membuka oven ya.

Karena kalau membuka oven, akan terjadi penurunan suhu sehingga hasil kulit susnya mengembang sempurna dan juga kokoh.
 

5. Mengisi kue sus


Selesai membuat kulit sus, saatnya kita mengisi sus! Untuk isian sus juga bisa berupa vla, cream atau ganache.

Isiannya harus dibuat tidak terlalu cair ya supaya tidak membuat susnya basah dan jadi bocor. Ada berbagai cara untuk mengisi sus. Pertama isiannya harus kita masukkan ke dalam plastik segitiga supaya mudah disemprot.

Setelah itu kita bisa belah atau bisa ditusuk dengan sumpit. Baru deh kita semprot isiannya lewat bagian yang sudah dibolongi.

Biar enak, isinya harus sampai penuh agar terasa di setiap gigitannya terasa isiannya. Itu dia tips membuat sus mengembang dan ringan saat digigit. Selamat mencoba ya!



(TIN)

MOST SEARCH