End Google Analytics -->
KULINER

Ini Fakta Unik Seblak yang Jaemin NCT Ingin Coba

Medcom
Sabtu 01 Oktober 2022 / 10:28
Jakarta: Heboh di media sosial bahwa salah satu anggota boyband Korea Selatan, Jaemin NCT Dream ingin mencoba seblak pada acara Korean Wave, 28 September 2022 lalu. Seblak memang sudah menjadi makanan umum di Indonesia.

Makanan berciri khas kuah pedas dan gurih ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Kamu bisa temukan makanan ini dengan mudah karena seringkali dijumpai di pinggiran jalan.

Apa saja yang menjadi fakta unik seblak hingga digandrungi banyak masyarakat, apalagi hingga orang luar negeri pun ingin mencoba seblak?
 

Nama seblak


Ternyata nama seblak bukan sembarang nama. Seblak berasal dari kata ‘nyeblak’ yang berarti mengagetkan dalam bahasa Sunda. Ciri khas pedasnya ini yang membuat rasa ‘kaget’ saat memakan seblak.
 

Kencur jadi kunci cita rasa kuah dan aroma seblak


Bahan ini memang sangat penting untuk dimasukkan ke dalam seblak. Rasa kuat dari aroma kencur dapat membuat ingin mencoba seblak. Masyarakat asal Bandung juga seringkali mengatakan bahwa seblak tanpa kencur bukanlah seblak.
 

Kerupuk basah menjadi bahan utama


Bukan topping berlimpah, namun hanya kerupuk basah. Kerupuk basah menjadi bahan utama dalam membuat seblak. Tanpa kerupuk basah, sensasi memakan seblak tidak akan terasa.
 

Punya 2 varian, Berkuah dan kering


Seblak memiliki dua varian, yaitu berkuah dan kering. Namun, kamu mungkin akan lebih sering menjumpai versi berkuah di berbagai penjual yang menjajakan seblak.
 

Variasi topping beragam


Jika tadi kerupuk basah menjadi bahan utama, variasi topping wajib untuk ikut masuk agar terlihat lebih menggugah selera, seperti sosis, bakso, sayur-sayuran, makaroni, dan lainnya.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH