KULINER
Excelso Rayakan 34 Tahun dengan Peluncuran Premium Matcha Series dari Shizuoka Jepang
A. Firdaus
Kamis 25 September 2025 / 12:10
Tangerang: Matcha adalah teh hijau bubuk dari Jepang. Rasanya biasanya sedikit bersahaja, seperti sayuran (hijau), gurih, sedikit pahit, dan sedikit manis. Matcha juga dikenal karena manfaat kesehatannya dan kaya akan antioksidan.
Lokasi penanaman yang berbeda di Jepang dan varietas tanaman teh yang berbeda akan memengaruhi rasa teh tertentu. Shizuoka menjadi salah satu tempat matcha terbaik.
Shizuoka adalah prefektur penghasil teh terbesar di Jepang. Prefektur ini menghasilkan sekitar 40% dari seluruh teh Jepang, meskipun sebagian besar berupa teh hijau daun lepas, bukan matcha. Kemungkinan kamu menemukan matcha dari Shizuoka memang lebih kecil, tetapi ada beberapa yang sedang diproduksi.
Matcha yang berasal dari Shizuoka ini, menjadi pilihan Excelso untuk menghadirkan varian matcha dalam perayaan 34 tahun perusahaan kopi lokal ini berdiri.
"Untuk pemilihan matcha-nya sendiri, tentu kami dari manajemen sudah mencari beberapa jenis matcha. Dan beberapa merek matcha tentunya. Tapi, untuk matcha ini yang kami gunakan, itu memang cocok bagi rasanya excelso seperti itu," ucap Ade Herlambang R&B beverage Excelso.

Coconut Matcha latte, Stroberi Matcha Latte, Classic Matcha Latte. Dok. A. Firdaus/Medcom
"Jadi, kami menggunakan Ceremonial Grade Mayo Maca yang asalnya dari Shizuoka. Kota Shizuoka di bawah kaki Gunung Fuji. Kayak gitu sih," sambungnya.
Baca juga: Demam Matcha Global, Stok Menipis, Harga Meroket!
Sebagai bentuk inovasi menu, Excelso juga memperkenalkan Matcha Royale, series minuman matcha terbaru yang menggunakan ceremonial grade matcha.
Uniknya, menu ini disajikan dengan direct serving experience langsung di meja pelanggan, memberikan nuansa lebih personal dan interaktif dalam menikmati minuman khas Jepang yang tengah digemari dunia.
Selain menghadirkan matcha series, sejalan dengan semangat 'Brew Forward', Excelso melakukan rejuvenasi outlet serta memperkenalkan desain seragam baru untuk para barista dan staf.
Dengan tampilan yang lebih fresh, young, dan modern, Excelso ingin menghadirkan suasana yang semakin nyaman dan sesuai dengan kebutuhan konsumen masa kini, terutama generasi muda yang menjadikan coffee shop sebagai bagian gaya hidup.

Liechar Solihin, Direktur Excelso. Dok. A. Firdaus/Medcom
"Excelso selalu ingin menghadirkan sesuatu yang segar untuk pelanggan. Dari peluncuran Matcha Series dengan premium serving experience hingga tampilan outlet dan seragam baru yang lebih young dan modern, semua adalah bagian dari upaya kami untuk selalu relevan dengan tren dan kebutuhan konsumen,” ucap Liechar Solihin, Direktur Excelso.
Selama 34 tahun perjalanannya, Excelso tidak hanya berfokus pada kualitas dan inovasi, tetapi juga terus mengembangkan berbagai langkah menuju sustainability. Dari pemilihan bahan baku yang bertanggung jawab hingga efisiensi operasional, Excelso berkomitmen menjadi brand kopi yang membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.
"Bagi Excelso, sustainability bukan hanya tren, tapi tanggung jawab. Kami ingin memastikan bahwa setiap langkah inovasi yang kami ambil, juga membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat," kata Liechar.
"34 tahun adalah perjalanan panjang yang penuh tantangan sekaligus peluang. Melalui tema ‘34th Years of Brewing – Brew Forward’, kami ingin menegaskan bahwa Excelso akan selalu bergerak maju, menghadirkan inovasi, sekaligus menjaga kualitas dan keberlanjutan," tutup Liechar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)
Lokasi penanaman yang berbeda di Jepang dan varietas tanaman teh yang berbeda akan memengaruhi rasa teh tertentu. Shizuoka menjadi salah satu tempat matcha terbaik.
Shizuoka adalah prefektur penghasil teh terbesar di Jepang. Prefektur ini menghasilkan sekitar 40% dari seluruh teh Jepang, meskipun sebagian besar berupa teh hijau daun lepas, bukan matcha. Kemungkinan kamu menemukan matcha dari Shizuoka memang lebih kecil, tetapi ada beberapa yang sedang diproduksi.
Peluncuran Premium Matcha Series
Matcha yang berasal dari Shizuoka ini, menjadi pilihan Excelso untuk menghadirkan varian matcha dalam perayaan 34 tahun perusahaan kopi lokal ini berdiri.
"Untuk pemilihan matcha-nya sendiri, tentu kami dari manajemen sudah mencari beberapa jenis matcha. Dan beberapa merek matcha tentunya. Tapi, untuk matcha ini yang kami gunakan, itu memang cocok bagi rasanya excelso seperti itu," ucap Ade Herlambang R&B beverage Excelso.

Coconut Matcha latte, Stroberi Matcha Latte, Classic Matcha Latte. Dok. A. Firdaus/Medcom
"Jadi, kami menggunakan Ceremonial Grade Mayo Maca yang asalnya dari Shizuoka. Kota Shizuoka di bawah kaki Gunung Fuji. Kayak gitu sih," sambungnya.
Baca juga: Demam Matcha Global, Stok Menipis, Harga Meroket!
Sebagai bentuk inovasi menu, Excelso juga memperkenalkan Matcha Royale, series minuman matcha terbaru yang menggunakan ceremonial grade matcha.
Uniknya, menu ini disajikan dengan direct serving experience langsung di meja pelanggan, memberikan nuansa lebih personal dan interaktif dalam menikmati minuman khas Jepang yang tengah digemari dunia.
New Looks, New Ambience & New Experience : Outlet & Seragam yang Lebih Up to Date
Selain menghadirkan matcha series, sejalan dengan semangat 'Brew Forward', Excelso melakukan rejuvenasi outlet serta memperkenalkan desain seragam baru untuk para barista dan staf.
Dengan tampilan yang lebih fresh, young, dan modern, Excelso ingin menghadirkan suasana yang semakin nyaman dan sesuai dengan kebutuhan konsumen masa kini, terutama generasi muda yang menjadikan coffee shop sebagai bagian gaya hidup.

Liechar Solihin, Direktur Excelso. Dok. A. Firdaus/Medcom
"Excelso selalu ingin menghadirkan sesuatu yang segar untuk pelanggan. Dari peluncuran Matcha Series dengan premium serving experience hingga tampilan outlet dan seragam baru yang lebih young dan modern, semua adalah bagian dari upaya kami untuk selalu relevan dengan tren dan kebutuhan konsumen,” ucap Liechar Solihin, Direktur Excelso.
Komitmen pada sustainability dan refleksi 34 tahun
Selama 34 tahun perjalanannya, Excelso tidak hanya berfokus pada kualitas dan inovasi, tetapi juga terus mengembangkan berbagai langkah menuju sustainability. Dari pemilihan bahan baku yang bertanggung jawab hingga efisiensi operasional, Excelso berkomitmen menjadi brand kopi yang membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.
"Bagi Excelso, sustainability bukan hanya tren, tapi tanggung jawab. Kami ingin memastikan bahwa setiap langkah inovasi yang kami ambil, juga membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat," kata Liechar.
"34 tahun adalah perjalanan panjang yang penuh tantangan sekaligus peluang. Melalui tema ‘34th Years of Brewing – Brew Forward’, kami ingin menegaskan bahwa Excelso akan selalu bergerak maju, menghadirkan inovasi, sekaligus menjaga kualitas dan keberlanjutan," tutup Liechar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)