INTERIOR

5 Langkah Terapkan Gaya Bohemian, Cocok untuk Orang dengan Karakter Santai

Medcom
Sabtu 17 September 2022 / 09:13
Jakarta: Desain interior ini cocok buat kamu yang memiliki gaya hidup santai. Kata bohemian sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Menurut sejarah, istilah ini digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang hidup mengembara atau gelandangan pada 1.800-an, oleh karena itu desain berkonsep bohemian tergolong bebas berekspresi.

Jika ditanya, apa ciri identik bohemian ini maka jawabannya tidak ada. Namun bohemian merupakan campuran gaya etnik, Hippies, dan juga vintage.

Konsep bohemian sendiri sangat kaya akan penggunaan warna, tekstur, dan berlapis. Sehingga dari ketiga aksen tersebut membuat kesan santai dan riang.

Dengan konsep interior berbeda dari lainnya yang tampak bersih dan rapi, gaya bohemian ini banyak digemari. Simak beberapa tips agar ruanganmu terlihat nyaman dengan gaya desain bohemian:
 

1. Membuat dekorasi sendiri


Jauh dari kata mewah dan mahal, biasanya orang-orang yang menyukai bohemian interior akan membuat dekorasi ruangan sendiri. Mulai dari handicraft atau membuat sesuatu dari barang bekas.
 

2. Kain berperan penting


Dalam konsep bohemian style ini, material tekstil sangat dibutuhkan. Biasanya kain dengan motif unik bertekstur dan warna kontras dapat digunakan untuk sarung bantal, karpet, atau gorden.
 

3. Pencahayaan


Cahaya alami merupakan faktor penting lainnya dari gaya ini. Buatlah jendela besar agar cahaya matahari bisa masuk secara maksimal. Tambahan kaca warna-warni bisa menjadi elemen cantik pada siang dan malam hari.
 

4. Furnitur


Pemilihan furnitur ini bisa disesuaikan dengan furniture vintage. Furnitur bohemian ini biasa mendaur ulang barang-barang tua, seperti bangku yang sudah lama bergaya vintage kemudian di cat ulang. Selain furnitur vintage, banyaknya aksesoris unik dan tua juga sangat dibutuhkan untuk membuat suasana bohemian semakin pekat.
 

5. Tanaman indoor


Penempatan tanaman di dalam ruangan bisa membuat gaya interior ini semakin indah. Biasanya tanaman tanpa bunga dengan perawatan mudah sering digunakan. Karena konsep bohemian juga termasuk konsep yang dekat dengan alam.

Nadhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH