INTERIOR

Cara Memperbanyak dan Merawat Philodendron, Si Pohon Cinta

Mia Vale
Minggu 10 April 2022 / 10:00
Jakarta: Menjadi salah satu genera terbesar dalam keluarga Araceae, karakteristik fisik philodendron bervariasi dari spesies ke spesies, termasuk bentuk dan ukuran daun, ukuran dewasa, kebiasaan pertumbuhan, dan warna dedaunan. Daun biasanya muncul dengan bentuk hati sebagai bibit

Nama "philodendron" berasal dari bahasa Yunani, dari philo, yang berarti cinta dan kasih sayang, dan dendron, yang berarti pohon. Ini dengan tepat menggambarkan sebagian besar spesies dalam genus sebagai tanaman merambat atau tanaman merambat yang suka tumbuh di atas pohon. 

Nah, untuk menambahkan pesona elegan ke rumah atau taman sambil memberikan minat tropis dalam situasi cahaya rendah, philodendron bisa menjadi pilihan.
 

Cara merawat philodendron


Saat merawat tanaman philodendron dalam ruangan, usahakan untuk meniru lingkungan tropis alaminya. Seperti yang dilansir dari laman The Spruce, berikan banyak kehangatan dan kelembapan di dekat jendela yang cerah. 

Selama cuaca hangat, letakkan tanaman hias philodendron di luar di tempat yang teduh untuk mendapatkan udara segar dan cahaya alami sesekali. Waspadalah terhadap sinar matahari langsung, itu bisa membakar daun halus mereka.


cara memperbanyak philodendron
(Philodendron mudah diperbanyak dari stek batang dan pembagian. Waktu terbaik untuk menyebarkan adalah di awal musim semi saat hari-hari tumbuh lebih lama. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Philodendron menyukai tanah pot yang gembur dan kaya akan bahan organik serta memiliki drainase yang baik. Tanaman ini umumnya menyukai kelembapan tanah dalam jumlah sedang. Sirami setiap inci bagian atas tanah setelah mengering. Philodendron tidak cocok ditanam di tanah yang basah, karena dapat menyebabkan busuk akar. 

Jaga agar daun tanaman terlihat dan berfungsi sebaik mungkin dengan menyekanya secara teratur dengan kain lembap. Tanaman ini tidak memiliki masalah serius dengan hama atau penyakit. 

Tetapi mereka dapat rentan terhadap hama tanaman rumahan yang umum, termasuk kutu daun, kutu putih, sisik, thrips, dan tungau laba-laba. Rawat hama dengan sabun insektisida alami atau minyak hortikultura.
 

Cara memperbanyak philodendron 


Berikut cara menyebarkan philodendron dari metode ini: 

- Perbanyak dari stek batang
- Gunakan gunting pemangkas, campuran pot, pot, dan, opsional, hormon rooting
- Potong kira-kira bagian batang 6 inci, dan letakkan di wadah air untuk mengembangkan akar
- Tambahkan lebih banyak air saat menguap. Jika duduk lebih lama dari dua atau tiga minggu di air yang sama, ganti air sepenuhnya untuk mencegah pertumbuhan alga atau bakteri
?- Setelah beberapa akar tumbuh (biasanya dalam waktu dua minggu), pot stek di tanah yang lembap
 

Cara membagi philodendron: 


- Sehari sebelum membagi tanamanmy, sirami tanaman dengan baik
- Sediakan pisau tajam, campuran pot, dan pot baru
- Keluarkan tanaman dari wadahnya saat ini, letakkan di permukaan yang rata dan stabil, gunakan jari untuk mengendurkan bola akar, dan cabut tanaman dengan akarnya
- Gunakan pisau untuk membantu memotong akar yang lebat jika perlu
- Tanam kembali tanaman kecil segera dalam campuran pot yang segar dan lembap

Philodendron mudah diperbanyak dari stek batang dan pembagian. Waktu terbaik untuk menyebarkan adalah di awal musim semi saat hari-hari tumbuh lebih lama.

(TIN)

MOST SEARCH