INTERIOR

Cara Mengatasi Lidah Buaya yang Terkulai

Sandra Odilifia
Selasa 10 November 2020 / 13:26
Jakarta: Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman hias populer yang memiliki daun panjang, ramping, dan berair serta bertepi dengan gigi lembut. Setiap daunnya diisi dengan gel yang kaya akan manfaat kecantikan. 

Seperti kebanyakan succulents, lidah buaya tidak terlalu sulit untuk tumbuh jika kamu merawatnya dengan benar. Pertama, ia membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik dan harus ditanam dalam pot dengan lubang drainase agar akar tidak pernah tergenang air.

Dan karena lidah buaya lebih menyukai terlalu basah, pastikan untuk menyiram tanaman kamu sedikit saja. Jika kamu melihat daun panjang mulai terkulai dan menjadi lembek, itu berarti lidah buaya kamu terlalu banyak air.
 

Aloe vera yang terlalu banyak air


Saat tanaman lidah buaya disiram air, daun akan mengembangkan apa yang disebut bintik-bintik basah yang terlihat lembek dan lembut. Seolah-olah seluruh daun menjadi basah dengan air, kemudian berubah menjadi bubur. Akhirnya, seluruh tanaman mati.


lidah buaya
(Hindari memberikan air yang banyak pada tanaman lidah buaya agar tetap sehat. Foto: Pexels.com)
 

Tidak ada lubang drainase


Tanaman kamu juga bisa tergenang air jika potnya tidak memiliki lubang drainase. Sering kali orang-orang menambahkan lapisan kerikil di dasar pot, padahal solusi tersebut sebenarnya dapat memperparah keadaan.

Saat kelembapan bergerak turun melalui tanah, ia membentuk apa yang disebut meja air bertengger di atas kerikil. Air baru akan turun ke kerikil sampai tanah di atasnya basah. Itu berarti akar lidah buaya kamu selalu basah.

Ketika semua ruang udara di antara partikel tanah terisi air, akar tanaman kamu akan mati karena kekurangan oksigen.
 

Memperbaiki masalah penyiraman dan menyimpan aloe vera


Kamu mungkin bisa menyelamatkan tanaman yang tergenang air jika kamu menggalinya dan membiarkannya mengering selama satu atau dua hari. Lalu buang daun dan akar yang tampak mati atau lembek dengan hati-hati.

Ini juga menjadi saat yang tepat untuk menyisihkan tanaman kamu jika memiliki beberapa cabang yang tumbuh dari pangkalnya.

Tanaman yang lebih muda dengan akar yang lebih dangkal mungkin masih cukup sehat sehingga kamu dapat memindahkannya ke wadah baru di dalam pot tanah yang segar.

Setelah bola akar tanaman utama sebagian besar mengering, taburi pangkal tanaman dengan bubuk akar dan tanam kembali di dalam pot dengan lubang drainase. Beri lidah buaya cahaya terang tapi tidak secara langsung, dan simpan di sisi yang kering.

Mungkin diperlukan waktu beberapa minggu sampai akhirnya kamu akan mulai melihat daun baru yang tumbuh dengan sehat dari tengah tanaman.

Jika kamu ingin menggunakan pot indah yang tidak memiliki lubang drainase, buatlah lubang untuk drainasenya sendiri, atau gunakan sebagai pot dekoratif luar tempat kamu meletakkan wadah plastik polos yang lebih kecil, ini biasa disebut cachepot (wadah dekoratif atau "overpot").

Angkat pot bagian dalam di atas setengah inci kerikil atau batu kecil lainnya sehingga bagian bawahnya tidak akan lebih lembap dan air mengalir keluar setelah disiram. Selamat mencoba!
(TIN)

MOST SEARCH