End Google Analytics -->
GADGET TALK

Strategi Gerai Ponsel Menarik Perhatian Konsumen

K. Yudha Wirakusuma
Senin 02 Januari 2023 / 18:00
Jakarta: Berbagai cara dilakukan gerai penyedia gadget untuk dapat tetap eksis di mata pelanggannya. Selain menjamin mutu produk, strategi lainnya yaitu meningkatkan aktivitas di media sosial.

Indah Gita selaku Marketing Manager Good Ponsel mengatakan, media sosial saat ini menjadi platform efektif bagi perusahaan atau bisnis untuk memasarkan produk mereka dan meningkatkanbrand awareness. Berbagai bisnis berlomba-lomba meningkatkan engagement di media sosial demi menjangkau basis pelanggan yang lebih besar. Salah satu cara yang banyak digunakan ialah dengan mengadakan giveaway.

Seperti yang dilakukan gerai gadget di Bali, Good Ponsel, dalam mempertahankan nama brand mereka di media sosial. Gerai gadget tersebut rutin mengunggah konten di akun media sosial mereka seperti kuis dan bagi-bagi hadiah untuk terus berinteraksi dengan audiens.

“Kuis berhadiah ini jadi cara efektif bagi kami untuk menarik perhatian audiens. Tentunya dengan cara yang unik dan sesuai ciri khas kami untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di media sosial Good Ponsel,” ucap Indah.

Awal berdiri, Good Ponsel fokus terhadap pelayanan yang baik dan ramah serta selalu menjagakualitas gadget yang dijual. Pelayanan yang baik tersebut memberikan pengalaman menyenangkan kepada pelangganyang menyebar dari mulut ke mulut. Hal ini membantu pemasaran Good Ponsel secara offline dalam skala mikro.

Hal tersebut lantas tidak cukup untuk membuat tim manajemen puas. Ditambah lagi dengan lokasi gerai Good Ponsel yang jauh dari pusat kota dan jalur cepat, serta posisi gerai yang kurang terlihat karena berada di dalam SPBU. Kekurangan ini membuat tim manajemen lebih tertantang dan fokus untuk meningkatkan brand awareness agar tetap ramaikonsumen.

Berawal dari ketidakpuasan itu juga, tim manajemen mulai berpikir untuk melakukan marketing secara online dengan sesuatu yang baru dan menarik. Good Ponsel mengadakan berbagai kuis berhadiah dan giveaway mendorong interaksi dan sisi kreatif para audiens.

Indah menambahkan, untuk membangun hype di kuis-kuis berhadiah yang diadakan, biasanya mereka juga membuat konten yang relevan dengan hal-hal yang lagi happening saat itu. Misal, konten tentang Hari Ibu pada 22 Desember lalu, hingga konten tentang Piala Dunia yang ramai dibicarakan masyarakat. Jadi bukan cuma bagi-bagi hadiah, tapi juga ikut meramaikan hal yang lagi tren di masyarakat.

Dalam menentukan hadiah pun Good Ponsel biasanya memilih hadiah yang relevan dan bermanfaat bagi banyak audiens, seperti pulsa atau saldo e-wallet.

“Yang paling penting bukanseberapa mahal atau jumlah hadiahnya, melainkan manfaat danrelevansi dari hadiah itu sendiri untuk audiens,” kata Indah.

Di samping itu, Good Ponsel juga melakukan pemasaran dengan cara joget di media sosial TikTok. Indah mengungkapkan bahwa awalnya ini merupakan pilot project atau percobaan semata. Tanpa disangka, strategi tersebut ternyata membuat lebih banyak orang membicarakan brand mereka sehingga mendatangkan lebih banyak konsumen.

“Dengan potensi yang dimiliki para staf kami, konten joget ini biasanya mengikuti joget yang sedang viral dengan lagu yang sedang tren di TikTok. Meningkatnya engagement serta jumlah followers dari keberhasilan konten tersebut membuat Good Ponsel dikenal secara nasional dan berhasil mengekspansi secara makro,” pungkas Indah.

Selain aktif mengadakan kuis berhadiah, akun media sosialTikTok dan Instagram @goodponsel juga aktif memberikan info produk terbaru dan tidak jarang memberikan informasi seputar product knowledge, promo, dan konten-konten menarik seputar gadget. Kini akun media sosial mereka pun sudah diikuti oleh 2 juta pengikut di TikTok dan lebih dari 570 ribu pengikut di Instagram.





 
(ELG)

MOST SEARCH