GADGET TALK

Tatamel Bike: Sepeda Motor Listrik Bak Koper Berkeliling

Mia Vale
Selasa 26 Oktober 2021 / 23:02
Jakarta: Untuk kesekian kali Jepang memproduksi sesuatu yang cukup nyentrik tapi berguna untuk masyarakat. Bagaimana tidak, inovasi Jepang kali ini mungkin akan dinanti oleh pengguna transportasi pribadi. Ya, sepeda motor listrik lipat rencananya akan diproduksi perusahaan Jepang secara massal.

Melansir dari laman Alexwa, sebenarnya sepeda Tatameru dalam bahasa Jepang sudah ada selama hampir satu tahun.

Namun baru kali ini perusahaan ICOMA akan memperbanyaknya. Model sepeda motor listrik ini bisa dilipat rapi sampai seukuran koper sehingga kamu bisa meletakkannya di bawah meja. Wow!
 

Siap menerjang jalan


ICOMA mengklaim sepeda motor lipat buatannya dapat dilipat menjadi ukuran kecil sehingga mampu disimpan di ruang penyimpanan yang tersedia di kereta atau pun transportasi umum lainnya.

Meski tidak menyebutkan bobotnya, tapi perusahaan ini yakin kalau faktor ini tidak akan memengaruhi perannya sebagai transportasi pribadi yang cocok untuk lingkungan perkotaan yang padat. 

Tatamel bike menyediakan semua yang dibutuhkan pengendara untuk melaju di jalan umum. Dari spesifikasi yang dipublikasikan, saat dibuka dengan ukuran penuh, Tatamel Bike memiliki panjang 1,23 meter, tinggi 1 meter, dan lebar 0,65 meter. 

Sedangkan, saat posisi terlipat, sepeda motor tersebut memiliki panjang 0,7 meter, tinggi 0,68 meter, dan lebar 0,26 meter. Wah, benar-benar bisa dijinjing dengan mudah. 


tatamel bike motor listrik jepang
(Tatamel Bike, model sepeda motor listrik ini bisa dilipat rapi sampai seukuran koper. Lucu dan praktis kan. Foto: Dok. Tatamel Bike/Alexwa.com)


Sepeda motor listrik ini juga dilengkapi lampu depan LED, rem, lampu sein, pijakan kaki, dan sandaran kaki. Sumber daya pengoperasiannya menggunakan baterai lithium iron phosphate dengan jangakuan diperkirakan mencapai 50 km dengan sekali pengisian daya. 

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu mengisi daya setiap hari, bergantung rute yang ditempuh. Namun, motor lipat ini juga menyertakan sumber daya portabel yang nyaman, di mana kamu bisa mengisi daya perangkat yang lebih kecil saat bepergian. 
 

Cara mengoperasikan


Pertama, pengendara cukup menarik bagian jok motor yang berada di sisi atas ke bagian belakang. Kemudian, untuk bagian stang yang terdapat pedal gas, spion, dan speedometer juga ditarik ke bagian atas.

Dan, langkah terakhir, pengendara tinggal menarik bagian body motor sedikit ke atas untuk mengeluarkan swing arm motor dan roda belakang agar bisa dikendarai. Nah, motor bisa dikendarai dengan kecepatan maksimum berkisar 40km/jam.

Menyasar target pembeli usia muda, ICOMA menawarkan kemungkinan penyesuaian yang beragam. Misal, panel sepeda motor Tatamel Bike dapat dibuat dengan berbagai bahan dan warna yang kamu suka.

Kamu juga bisa menambahkan ilustrasi atau aksesori sesuai yang dibutuhkan. Bagaimana, tertarik untuk membeli?
(TIN)

MOST SEARCH