GADGET TALK

6 Jenis Pelindung Layar HP, Tinggal Pilih!

Mia Vale
Selasa 05 Oktober 2021 / 21:51
Jakarta: Apa yang kamu rasakan ketika smartphone jatuh dan mendarat tepat mengenai layar ponsel? Pasti deg-degan! Takut perangkatnya tergoreslah, layarnya pecahlah, atau ponselnya yang rusak. Bisa kacau dunia 'persilatan'! Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan lumayan menguras dompet. 

Yang harus kamu perhatikan dalam merawat smartphone adalah pelindung layar dan casing. Jangan sampai perangkat yang sudah dibeli dengan harga lumayan, harus keluar uang yang cukup banyak pula hanya untuk biaya servisnya. 

Yuk, pilah-pilih pelindung ponsel agar layar sentuhmu aman. Eits, beda pelindung layar, beda juga fungsinya, loh. Berikut info selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber.


Pelindung Layar HP
(Tempered glass. Foto: Jualo)
 

1. Tempered glass


Pelindung layar ini paling umum digunakan untuk melindungi layar HP kamu. Tempered glass untuk smartphone terdiri dari beberapa lapisan. Bagian bawah yang menempel ke layar adalah silikon yang empuk dan menahan tekanan. 

Jadi, tidak merusak layar smartphone. Pastikan kualitas tempered glass yang akan dipakai cukup menjaga layar sentuh kamu. Karena, pelindung ini berbahan kaca yang bisa juga pecah. Kaca tempered juga memiliki tampilan dan nuansa yang sama dengan layar ponsel.


Pelindung Layar HP
(Antispy. Foto: Dok. Aliexpress)
 

2. Antispy (pelindung layar privasi)


Sesuai dengan namanya, pelindung layar satu ini dibuat supaya orang yang ada di samping tidak bisa mengintip kegiatan kamu di ponsel. Cara kerjanya, semakin miring posisi mata kamu dari layar, makin gelaplah si layar smartphone. 

Jadi, pelindung layar ini berfungsi ganda. Pertama, untuk melindungi layar HP kamu. Dan kedua, melindungi kamu dari orang-orang yang 'kepo' dengan apa yang kamu lakukan di ponsel.


Pelindung Layar HP
(PET film. Foto: Dok. YouTube)
 

3. PET film


Polyethylene terephthalate adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat pelindung layar jenis ini, ditambah polyester lapisan matte di satu sisi dan perekat silikon di sisi lain untuk proteksi cahaya ke smartphone. 

Coating adalah lapisan paling atas yang menjaga layar HP dari lecet sekaligus layar tetap kinclong. Meskipun PET film tidak menonjol seperti beberapa kaca temper, mereka menawarkan perlindungan benturan yang sangat kecil.


Pelindung Layar HP
(TPU plastik. Foto: Dok. Jakartanotebook)
 

4. TPU plastik, si tahan lecet


Bahan pelindung ini lebih kuat dibanding PET dan lebih antigores (lecet). Kelebihan lainnya, bahan ini mampu menjaga layar ponsel dari bakter dan minyak-minyak dari jarimu. Pun memiliki perlindungan benturan yang lebih daripada PET dan kekuatan 'penyembuhan sendiri' untuk goresan kecil.


Pelindung Layar HP
(Antiglare. Foto: Dok. Androidauthority)
 

5. Antiglare, pelindung antisilau


Pelindung layar jenis ini sangat berguna untuk tidak pantulkan cahaya yang kena ke layar smartphone. Umumnya dipakai oleh orang-orang yang sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. 

Kelemahan pelindung layar antisilau adalah mereka dapat mengurangi kejelasan tampilan, jadi penting untuk memikirkan apakah kamu akan menggunakan ponsel di lokasi yang terang untuk waktu yang lama sebelum memilih opsi ini.


Pelindung Layar HP
(Hydrogel. Foto: Dok. Aliexpress)
 

6. Hydrogel


Pelindung layar HP jenis ini biasa juga disebut liquid glass. Jenis hydrogel atau yang biasa disebut dengan liquid glass ini jauh lebih tipis dari tempered glass. Sehingga, jika dipasangkan ke layar HP, kamu tidak akan melihat bagian tepinya.  

Karena ketipisannya yang lebih jauh, hydrogel lebih sensitif terhadap sentuhan jari. Ingat, fungsi hydrogel adalah untuk menahan goresan, bukan untuk mengurangi dampak benturan seperti tempered glass.

Banyak jenis pelindung layar yang dapat dipilih untuk memastikan ponsel tetap dalam kondisi prima. Dan pilihan mau pakai yang mana, ada di tangan kamu.
(TIN)

MOST SEARCH