FITNESS & HEALTH

Tips agar Anak Lancar dan Sehat Menjalani Puasa

A. Firdaus
Rabu 06 April 2022 / 12:10
Jakarta: Masa kanak-kanak menjadi awal mereka mengenal puasa. Pada momen itu, secara bertahap anak-anak belajar berpuasa sesuai dengan perintah agama.

Mengenalkan dan mengajarkan anak berpuasa bukan perkara mudah. Di samping orang tua harus pintar mengajak tanpa memaksa, anak-anak juga harus bisa menjalani puasa secara sehat.

"Agar anak bisa menjalani puasa dengan sehat, pastikan cairan yang didapatkannya cukup. Minimal mereka minum air putih 8 hingga 10 gelas sehari, agar terhidrasi dengan baik. Diatur juga cara pemberiannya, seperti saat bangun tidur, saat sahur, menjelang imsak, saat berbuka puasa dan sebelum tarawih," ujar dr. Kanya Ayu Sp.A dokter spesialis anak dalam peluncuran Redoxon Kids.

Kemudian, pastikan pula asupan nutrisi yang masuk. Berikan anak makronutrien seperti karbohidratnya dengan memilih karbohidrat yang kompleks, agar tidak cepat merasa lapar.

"Lalu pastikan mengonsumsi makanan padat, biar lebih lama dalam lambung, sehingga anak juga lebih lama kenyangnya. Khususnya protein, seperti membuat olahan susu, atau lasagna dan spageti," tambah dr. Kanya.

Selanjutnya, agar bisa menambah masa protein yang lebih lama di dalam perut, waktu makannya juga harus mendekati imsak. Karena pengosongan lambung itu empat jam, agar minimal 4 jam pertama anak masih merasa lebih kenyang. Dan, perlahan seiring usianya makin meningkat, anak bisa menahan lapar lebih lama.

"Orang tua juga jangan lupa dengan asupan mikronutrien dan multivitamin seperti buah dan sayur yang mengandung banyak cairan. Orang tua juga boleh menambahkannya dengan suplementasi bila memang dirasa dibutuhkan," pungkas dr. Kanya.
(FIR)

MOST SEARCH