End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

10 Latihan Tingkatkan Kekuatan dan Kecepatan Lari

Medcom
Rabu 25 Januari 2023 / 14:01
Jakarta: Kecepatan dalam berlari sangat penting. Diperlukan cara untuk tingkatkannya.

Lari merupakan sebuah olahraga yang banyak dilakukan. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukannya.

Kecepatan dalam berlari juga diperlukan. Berikut adalah beberapa latihan untuk meningkatkan kecepatan lari, dikutip dari laman Red Bull.

1. Push-up

Dengan latihan ini akan memperkuat dada, bahu, dan lengan untuk memperbaiki postur dan penggerak lengan kamu saat berlari. Lakukan 10 kali pengulangan dalam 2 set.

2. Dumbbell Row

Latihan ini bisa membantumu untuk memperkuat punggung bagian atas untuk menyeimbangkan kekuatan dada. Lakukan 12 kali pengulangan dalam 2 set.

3. Tricep dips

Latihan seperti ini bisa memperkuat lengan dan bahu untuk membantu kamu mempertahankan postur berjalan tegak. Lakukan 12 kali pengulangan dalam 2 set.

4. Step-up

Dengan latihan ini membuat semua kelompok otot utama di kaki bekerja dan tingkatkan daya lari. Lakukan 10 kali pengulangan dalam 2 set.

5. Squat

Latihan gerakan ini bisa memperkuat kelompok otot utama yang digunakan saat berlari mengurangi risiko cedera. Ini juga meningkatkan fleksibilitas untuk langkah lari yang lebih cepat dan lebih efisien. Lakukan 15 kali pengulangan dalam 2 set.

6. Walking lunges

Kamu bisa meningkatkan keseimbangan satu kaki untuk meningkatkan stabilitas dan koordinasi saat kamu berlari dengan latihan ini, dan juga bisa menambah panjang langkah membantu kamu berlari lebih cepat. Lakukan 5 kali pengulangan dalam dua set.

7. Single-leg deadlift

Untuk memperkuat otot bokong dan paha belakang untuk meningkatkan tenaga lari, sekaligus meningkatkan stabilitas untuk mengurangi risiko cedera, kamu bisa mencoba latihan ini. Lakukan 10 kali repitisi dalam 2 set.

8. Superman/back extension

Untuk membantu perkuar punggung tengah dan atas untuk postur lari yang lebih stabil dan tegak serta meningkatkan efisiensi lari, kamu bisa mencoba latihan ini. Lakukan 10 kali pengulangan dlama 2 set.

Baca: 6 Olahraga Cocok untuk 'Bakar' Kolesterol

9. Glute bridge

Menargetkan glutes sebagai aktivasi yang lebih baik saat kamu berlari akan membantu kamu menjaga tingkat panggul dan kaki, panggul, dan batang tubuh kamu sejajar saat kamu berlari, meningkatkan stabilitas dan karenanya efisiensi lari kamu. Lakukan 15 pengulangan dalam 2 set.

10. Leg raises

Untuk memperkuat fleksor pinggul yang bertanggung jawab untuk mengangkat lutut saat kamu berlari dan juga melatih perut bagian bawah untuk tubuh yang lebih stabil. Lakukan 10 pengulangan dalam 2 set. (Rafi Alvirtyantoro)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id

(UWA)

MOST SEARCH