FITNESS & HEALTH

5 Buah yang Bikin Gigimu Putih Alami

Sandra Odilifia
Kamis 14 Januari 2021 / 13:07
Jakarta: Ada banyak produk pemutih gigi yang beredar di pasaran. Kamu dapat memilih pasta gigi, strip atau gel pemutih, dan bahkan perawatan pemutihan profesional dengan dokter.

Namun tentunya perawatan itu bisa jadi mahal. Produk-produk tersebut juga mengandung bahan kimia, yang mungkin berbahaya bagi gigi dan gusimu.

Jika kamu ingin memutihkan gigi tanpa bahan kimia, kamu mungkin mencari solusi yang lebih alami. Salah satu pilihannya adalah mengonsumsi buah yang memutihkan gigimu secara alami.

Melansir Healthline, berikut daftar makanan yang dapat kamu coba untuk membantu memutihkan gigi:
 

1. Stroberi


Stroberi mengandung asam malat. Asam ini dikatakan memiliki khasiat pemutih yang dapat membantu mencerahkan gigi yang ternoda.

Asam malat juga dapat meningkatkan produksi air liur pada penderita mulut kering. Air liur melindungi gigi dari kerusakan, penyebab umum perubahan warna dengan membersihkan makanan dan kotoran.
 

2. Semangka


Semangka memiliki lebih banyak asam malat daripada stroberi. Seperti yang telah kamu baca, asam malat dapat berperan dalam mencerahkan gigi dan meningkatkan produksi air liur.

Beberapa orang juga mengatakan tekstur semangka yang berserat mampu menggosok gigi yang membantu menghilangkan noda. Namun, belum ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini.
 

3. Nanas


Gigi kamu ditutupi dengan pelikel atau lapisan protein saliva. Lapisan pelikel bukan hanya melindungi gigi, melainkan menyerap pigmen dari makanan dan tentunya bisa menyebabkan noda.

Lapisan pelikel kamu juga memberi bakteri sesuatu untuk menempel. Jika bakteri menumpuk, dapat menyebabkan perubahan warna plak dan gigi.

Namun, nanas dapat melarutkan pelikel secara alami. Selain itu mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain. Enzim proteolitik dapat memecah protein, termasuk yang ada di lapisan pelikel kamu.
 

4. Pepaya


Sama seperti nanas, pepaya juga mengandung enzim proteolitik, dalam pepaya enzim ini disebut papain, yang juga memecah protein dan menurunkan lapisan pelikel kamu. Enzim ini membantu mengurangi noda dan melindungi dari pembentukan plak.
 

5. Apel

Apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat tersebut dinilai dapat membilas bakteri jahat.

Selain itu, apel memiliki kandungan flourida yang biasanya ditemukan di pasta gigi dan berfungsi untuk menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.


(FIR)

MOST SEARCH