FITNESS & HEALTH

Mengenal Terapi Ketamine yang Dilakukan Marshanda untuk Mengatasi Gangguan Bipolar

Raka Lestari
Kamis 07 Oktober 2021 / 11:33
Jakarta: Salah satu artis Indonesia, Marshanda memang terbuka mengenai kondisi kesehatan mentalnya yaitu Bipolar Disorder. Dan baru-baru ini, Marshanda melakukan terapi ketamine untuk mengobati gangguan yang dialaminya tersebut sampai ke Amerika Serikat.
 

Lalu, apa itu terapi ketamine?


Bipolar Disorder (BD) adalah penyakit kejiwaan yang terkait dengan morbiditas, mortalitas, dan angka bunuh diri yang tinggi. Ini memiliki kursus neuroprogresif dan tingkat resistensi pengobatan yang tinggi. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk strategi pengobatan BD baru.

Ketamine tampaknya memiliki efek antidepresi dan anti bunuh diri yang cepat. Karena sebagian besar penelitian yang tersedia berkaitan dengan depresi unipolar.

Efek antidepresan dan anti bunuh diri yang kuat dari ketamine pada pasien yang resistan terhadap pengobatan, serta mekanisme kerjanya yang unik, mungkin menunjuk ketamine sebagai pilihan pengobatan yang menarik untuk BD.

Dikutip dari laman website Ketamine Clinics Los Angeles, tidak seperti obat-obatan antidepresan dan obat lain yang biasa diresepkan untuk pasien bipolar, ketamine untuk BD dapat memberikan bantuan yang signifikan hanya dalam beberapa jam hingga beberapa hari. Banyak pasien merasa lega dari gejala depresi mereka, hanya dalam satu atau dua hari setelah infus kedua mereka, tanpa efek samping yang tidak menyenangkan yang umum di antara antidepresan konvensional.

Pada pasien dewasa dengan gangguan depresi mayor (MDD) atau gangguan bipolar (BD), penggunaan ketamine intravena (IV) umumnya ditoleransi dengan baik dan aman bila diberikan. Terutama sebagai pengobatan akut, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Expert Opinion on Drug Safety.

Ketamine juga dianggap memiliki efek yang menjanjikan dalam mengurangi gejala dengan cepat pada pasien dengan depresi yang resisten terhadap pengobatan dan depresi bipolar. Menggunakan ketamine dapat membantu pasien yang telah kehabisan pilihan terapi lainnya.
(FIR)

MOST SEARCH