FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Daun Kemangi

Kumara Anggita
Rabu 21 Oktober 2020 / 15:07
Jakarta: Daun kemangi adalah salah satu bahan makanan yang tidak hanya enak, namun juga memberikan banyak manfaat kesehatan fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui dari daun kemangi, seperti dilansir Healthline:
 

1. Kurangi stres dan kecemasan


Seluruh bagian tumbuhan kemangi berperan sebagai adaptogen. Adaptogen adalah zat alami yang membantu tubuh kamu beradaptasi dengan stres dan meningkatkan keseimbangan mental.

Menurut Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, kemangi memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan, yang sebanding dengan obat diazepam dan antidepresan.

Dalam kasus stres fisik, studi pada manusia dan hewan menunjukkan pengurangan pada, stres, masalah seksual, masalah tidur, kelupaan, kelelahan
 

2. Merangsang dan menyehatkan tubuh


Kemangi juga tinggi anti-oksidan dan membantu detoksifikasi tubuh kamu. Studi menunjukkan bahwa kemangi dapat melindungi tubuh dari bahan kimia beracun. Daun ini juga dapat mencegah kanker dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker.
 

4. Lindungi kamu dari infeksi dan obati luka


Ekstrak yang terbuat dari daunnya dianggap dapat meningkatkan kecepatan dan kekuatan penyembuhan luka. Sebab kemangi bersifat antibakteri, antivirus, antijamur, antiinflamasi, dan analgesik (obat penghilang rasa sakit).

Penelitian menunjukkan bahwa kemangi dapat bekerja melawan infeksi dan luka. Seperti sariawan, keloid, mengangkat bekas luka, dan jerawat.
 

5. Turunkan gula darah


Jika kamu mengidap pradiabetes atau diabetes tipe 2, semua bagian tumbuhan kemangi dapat membantu menurunkan gula darah.

Uji coba pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kemangi dapat membantu mencegah gejala diabetes seperti, penambahan berat badan, hiperinsulinemia, atau kelebihan insulin dalam darah, kolesterol tinggi, resistensi insulin, dan hipertensi.
 

6. Turunkan kolestrol


Kemangi juga dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol. Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa minyak dalam kemangi (eugenol) menurunkan kadar kolesterol yang disebabkan stres.

Terjadi penurunan kolesterol total di ginjal, hati, atau jantung pada tikus dengan dan tanpa diabetes setelah mereka mengonsumsi bubuk daun kemangi.
(FIR)

MOST SEARCH