FITNESS & HEALTH

Perbedaan Garam Laut dan Garam Meja

Sunnaholomi Halakrispen
Sabtu 31 Oktober 2020 / 14:05
Jakarta: Garam meja dan garam laut sama-sama berguna saat menyiapkan makanan. Produsen menambang garam meja dari endapan garam dan mengolahnya menjadi kristal halus, sedangkan garam laut berasal dari air laut yang menguap.

Banyak orang percaya bahwa garam laut lebih sehat daripada garam meja, karena merupakan sumber natrium alami. Pembuatan strip garam meja dari nutrisi lain, seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Namun, produsen membentengi garam meja dengan yodium, yang penting untuk produksi hormon tiroid.

Sodium merupakan nutrisi penting yang didapat orang dari garam tambahan dan makanan olahan. Dokter menyarankan untuk membatasi garam dalam makanan, karena terlalu banyak natrium dapat menyebabkan dehidrasi dan penyakit jantung. Tekanan darah tinggi merupakan perhatian yang signifikan.

Dikutip dari Medical News Today, banyak orang menganggap garam laut sebagai alternatif yang menyehatkan untuk garam meja. Garam laut berasal dari air laut yang menguap, sehingga merupakan sumber natrium alami.

Garam meja berasal dari endapan garam tambang. Produsen kemudian mengolahnya menjadi kristal halus yang mudah dicampur dalam makanan.

Koki menggunakan garam laut dalam beberapa resep karena teksturnya yang kasar dan renyah. Beberapa orang juga lebih menyukai rasa garam laut yang lebih kuat.

Meskipun orang mungkin menganggap garam laut lebih baik untuk kesehatan, kandungan natriumnya sama dengan garam meja. Beberapa orang percaya bahwa garam laut memiliki lebih sedikit natrium daripada garam meja, tetapi ini adalah kesalahpahaman.

Garam meja dan sebagian besar garam laut mengandung 40 persen natrium menurut beratnya. Satu sendok teh garam meja memiliki 2.300 miligram (mg) natrium. Kristal garam laut lebih besar, sehingga lebih sedikit kristal yang dapat ditampung dalam 1 sendok teh.

Lantaran lebih sedikit garam laut bisa muat dalam volume yang sama, orang mungkin percaya garam laut memiliki lebih sedikit natrium daripada garam meja.

Garam laut berasal dari sumber alami dan mengandung mineral lain. Di antaranya, magnesium, kalsium, dan kalium. Sedangkan garam meja, tidak memiliki nutrisi tambahan ini, tetapi mengandung yodium jika diperkuat.
(YDH)

MOST SEARCH