FITNESS & HEALTH

Ini Beberapa Kelompok yang Masih Wajib Menggunakan Masker

A. Firdaus
Rabu 18 Mei 2022 / 12:00
Jakarta: Presiden Joko Widodo, kemarin, telah mengumumkan pelonggaran aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19, dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker di ruang terbuka. Kendati demikian, masih ada beberapa kelompok yang wajib menggunakan masker.

Ada sejumlah pengecualian yang mengharuskan seseorang memakai masker. Antara lain berkegiatan di ruangan tertutup dan di transportasi publik.

Masker masih diwajibkan untuk populasi rentan (lansia, memiliki penyakit komorbid, ibu hamil, dan anak yang belum divaksin), dan bagi mereka yang bergejala seperti batuk, pilek, dan demam.

"Kelompok tersebut masih diwajibkan memakai masker untuk melindungi diri dari penularan. Kemudian untuk yang bergejala batuk-batuk, bersin-bersin sebaiknya tetap menggunakan masker," tutur Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Pemerintah juga melonggarkan aturan perjalanan dalam negeri dan luar negeri. Bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksin lengkap tidak perlu melakukan pemeriksaan PCR atau antigen.

"Inilah dua keputusan penting yang merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi menjadi endemi," ucap Menkes Budi.

Kemudian Menkes Budi juga mengatakan, pemerintah bisa melakukan relaksasi aturan lainnya, apabila kondisi penularan kasus Covid-19 makin lama makin terkendali, pasien Covid-19 yang masuk dan dirawat di rumah sakit juga makin lama makin sedikit, dan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya semakin tinggi.
(FIR)

MOST SEARCH