FITNESS & HEALTH

Tips Aman Olahraga di Tengah Pandemi

Raka Lestari
Selasa 13 Oktober 2020 / 11:10
Jakarta: Pandemi covid-19 memiliki dampak pada berbagai aktivitas kehidupan, salah satunya adalah aktivitas dalam berolahraga. Disarankan untuk tidak keluar rumah jika tidak memiliki keperluan darurat, membuat banyak orang menghilangkan kebiasaan berolahraga di luar rumah seperti biasanya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan panduan jika ingin berolahraga pada masa pandemi seperti berikut:

- Tetap berada di rumah jika sedang sakit
- Setiap pemain sebaiknya membawa peralatan olahraga sendiri, seperti sarung tangan atau raket jika memungkinkan
- Kurangi kontak fisik secara dekat dan usahakan selalu menjaga jarak sekitar 6 kaki atau 1,8 meter antara setiap pemain jika memungkinkan
- Sebaiknya selalu menggunakan masker
- Para pemain juga sebaiknya membersihkan tangan sebelum dan sesudah latihan, bermain, atau berbagi peralatan olahraga
- Beritahukan kepada pelatih atau teman lainnya jika tiba-tiba merasa tidak enak badan

CDC juga menekankan bahwa kita bisa mengurangi paparan risiko covid-19 dan mengurangi penyebaran ketika berolahraga dengan sebisa mungkin mengajak sedikit mungkin orang untuk berolahraga.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan beberapa persiapan sebelum berlahraga seperti berikut ini:

- Bawalah persediaan untuk membantu Anda dan orang lain tetap sehat misalnya, masker (bawa ekstra), pembersih tangan dengan alkohol minimal 60%, tabir dengan SPF 15 atau lebih tinggi, dan air minum.
- Sebisa mungkin pilih olahraga di luar ruangan dibandingkan aktivitas luar ruangan dan tidak perlu pergi jauh dari sekitar rumah. Jika menggunakan fasilitas dalam ruangan, berikan waktu untuk membersihkan dan atau mendisinfeksi.
- Jika kamu memiliki risiko lebih tinggi karena memiliki beberapa penyakit bawaan, lakukan tindakan pencegahan dan pencegahan ekstra selama aktivitas atau pilih aktivitas individu atau di rumah.
(YDH)

MOST SEARCH