End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Waspadai Adanya Kombinasi Gejala sebagai Tanda Awal Kanker Usus

Mia Vale
Kamis 19 Januari 2023 / 09:00
Jakarta: Kanker usus berkembang di dalam usus besar, terdiri dari usus besar dan rektum. Tergantung di mana kanker dimulai, kanker usus terkadang disebut kanker usus besar atau dubur. Ini dianggap sebagai salah satu kanker paling umum di seluruh dunia. 

Kasus awal seringkali tidak menunjukkan gejala, itulah sebabnya dokter merekomendasikan pemeriksaan untuk mereka yang berisiko tinggi atau berusia di atas 50 tahun.

Munculnya gejala cenderung bervariasi dari satu kasus ke kasus lainnya dan tanda-tandanya mungkin tidak spesifik. Namun, penting untuk mendiagnosis penyakit secara tepat waktu untuk pengobatan yang efektif. 

Inilah sebabnya mengapa penting untuk waspada terhadap tanda dan gejala apa pun yang mungkin muncul, terutama jika seseorang berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini.
 

Waspadai kombinasi gejala

Menurut pakar kesehatan, ada satu kombinasi gejala yang dapat membantumu menemukan kanker usus dengan cepat. Konsultasikan dengan dokter jika melihat gejala apa pun. 

Seperti yang dilansir dari Times of India, perdarahan rektum berkali-kali merupakan tanda kanker usus yang pertama dan paling mencolok. Kombinasi perdarahan dubur dan perubahan kebiasaan buang air besar diyakini sebagai tanda umum kanker usus. 

Terlepas dari kombinasi ini, perdarahan dubur tanpa adanya gejala perianal juga bisa menjadi indikasi kanker usus. Gejala perianal mengacu pada masalah yang memengaruhi area sekitar anus, seperti gatal dan nyeri.
 

Perubahan kebiasaan buang air besar

Beberapa perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar yang harus diperhatikan meliputi:

- Diare

- Sembelit

- Perubahan konsistensi feses

- Perubahan frekuensi untuk menggunakan toilet

- Darah di feses


(Diare dan sembelit yang berlangsung terus menerus bisa menjadi gejala kanker usus. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Gejala kanker usus lainnya

Selain tanda-tanda umum yang disebutkan di atas, gejala lain dari kanker usus meliputi:

- Ketidaknyamanan perut yang terus-menerus seperti kram, gas, atau nyeri

- Perasaan buang air besar tidak tuntas 

- Kelelahan

- Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
 

Kapan harus ke dokter?

Penting untuk dicatat bahwa gejala yang disebutkan di atas belum tentu disebabkan oleh kanker dan bisa disebabkan oleh kondisi lain yang kurang serius. Namun, tetap penting untuk tidak mengabaikan tanda-tanda ini dan mendiskusikannya dengan dokter.

Gejalanya harus ditanggapi dengan lebih serius terutama pada kasus orang lanjut usia atau jika gejalanya terus bertahan meski dengan perawatan sederhana. Ada berbagai perawatan yang tersedia tergantung pada lokasi kanker dan seberapa jauh penyebarannya.
(yyy)

MOST SEARCH