FITNESS & HEALTH

5 Tanda Bahwa Livermu Bermasalah

Raka Lestari
Jumat 28 Januari 2022 / 11:05
Jakarta: Hati atau liver merupakan salah satu organ vital yang terdapat pada tubuh. Kamu harus menjaga kesehatan hati atau liver demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Akan tetapi, ada beberapa gangguan yang mungkin terjadi pada hati atau liver. Dan, jika hal itu terjadi pada tubuh, baiknya sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter agar pengobatan tidak terlambat.

Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa gangguan yang mungkin terjadi pada liver yang menjadi pertanda bahwa liver sedang mengalami masalah:
 

1. Mata berubah menjadi kuning


"Mata kuning adalah tanda bahwa liver sedang tidak berjalan dengan baik dan mungkin merupakan tanda penyakit hati yang paling spesifik," kata KV Narayanan Menon, MD, direktur medis transplantasi hati di Cleveland Clinic.

Substansi berwarna kuning yang disebut bilirubin, biasanya dipecah oleh hati sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh. Tetapi ketika hati mengalami masalah maka dapat menyebabkan bilirubin menumpuk, dan menyebabkan menguningnya bagian putih mata.
 

2. Perut akan penuh dengan cairan


Jika perut tiba-tiba membengkak, bisa saja itu bukan kembung biasa. Sebab, peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah di sekitar hati dapat menyebabkan penumpukan cairan di perut.

"Sangat penting untuk segera menemui dokter untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab perut kembung," kata Dr Menon.
 

3. Tubuh terasa sangat gatal


"Mengalami masalah pada liver juga ternyata dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa gatal. Meskipun belum dikteahui secara pasti tetapi itu diduga terkait dengan garam empedu," kata Dr. Menon.

Empedu adalah zat pencernaan yang diproduksi oleh hati, tetapi pada orang dengan primary biliary cirrhosis (penyakit hati autoimun yang menyebabkan saluran empedu rusak), empedu itu dapat menumpuk dan menyebabkan gejala yang nyata, seperti gatal.
 

4. Tubuh selalu merasa lelah


Rasa letih yang terus-menerus merupakan salah satu pertanda utama bahwa ada sesuatu hal yang tidak berfungsi dengan benar pada tubuh. Perasaan lelah atau letih ini merupakan gejala yang sering terjadi pada seseorang dengan penyakit liver.
 

5. Sering merasa kebingungan atau gampang lupa


Lupa merupakan hal umum yang terjadi pada seseorang. Namun seseorang dengan Encephalopathy hepatic yang merupakan suatu kondisi hati tidak mampu membuang toksin dengan benar dari tubuh. Biasanya terjadi pada pasien dengan penyakit hati kronis, sirosis, atau hepatitis. Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, segera periksa ke dokter.
(FIR)

MOST SEARCH