FITNESS & HEALTH

Kondom Dobel Bisa Cegah Penularan HIV/AIDS, Benarkah?

Cindy
Minggu 28 November 2021 / 17:33
Jakarta: Penggunaan kondom saat berhubungan intim sangat disarankan bagi kesehatan. Salah satunya mencegah penularan Human Immunodeficieny Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency syndrome (AIDS). 

HIV/AIDS mudah menyebar melalui hubungan intim tanpa kondom. Sebab, penyakit tersebut menular melalui kelamin. Penggunaan kondom dapat mencegah Anda menyebarkan atau terinfeksi virus tersebut. 

Lantas bagaimana dengan penggunaan kondom dua lapis atau dobel saat berhubungan intim?  Apakah akan meningkatkan pencegahan terhadap HIV/AIDS?

Baca: Jelang Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Ini Beda HIV dan AIDS

Kondom dobel tidak bisa cegah HIV/AIDS

Ilustrasi pita merah untuk HIV AIDS AFP
Ilustrasi pita merah untuk HIV/AIDS Foto: AFP.

Melansir hellosehat, memakai kondom dobel justru dapat meningkatkan risiko robek. Begitu pula dengan memakai kondom pria dan kondom wanita di saat bersamaan. 

Saat dua kondom digunakan sekaligus, kedua lapisan tersebut akan menggosok satu sama lain selama penentrasi. Akibatnya, bahan kondom aus dan mudah robek. 

Kondom juga kemungkinan akan lebih mudah robek ketika terekspos panas berlebihan, atau digunakan saat hampir kadarluarsa. Jika digunakan dengan benar, kondombisa sangat efektif mencegah penularan HIV/AID melalui seks penetrasi, oral, maupun anal. 

Cara mencegah HIV/AIDS

Anda disarankan tidak menggunakan dua lapis kondom sekaligus untuk mendapat perlindungan ekstra. Pasalnya, banyak varian kondom yang dijual di pasaran memiliki fitur dan fungsi perlindungan ekstra yang bisa Anda gunakan. 

Pastikan memilih kondom dengan kualitas yang baik. Kondom yang dijual bebas di pasaran sudah melalui beragam tes dan uji medis ketat mengenai kekuatan serta efektivitas produk sebelum dipasarkan. Untuk membuktikan kondom tidak bocor atau berfungsi baik, Anda bisa coba meniup kondom seperti balon dan mengisi penuh kondom dengan air. 

Baca: Mencuci dan Memakai Kembali Kondom, Amankah?
(CIN)

MOST SEARCH