FITNESS & HEALTH

Pegal dan Nyeri Otot selama WFH? Yuk, Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkannya

MetroTV
Selasa 24 Agustus 2021 / 10:19
Jakarta: Pandemi membuat sebagian orang terpaksa bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Namun, lingkungan kerja yang seadanya membuat kebanyakan orang mengalami masalah pegal dan nyeri otot. 

Ternyata, berbagai keluhan di atas dapat dicegah. Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Trianto menjelaskan cara pencegahannya lewat tayangan Newsline Metro TV, Senin, 23 Agustus 2021.

"Harus perhatikan peralatan yang dipakai disesuaikan dengan kursi atau meja kerja. Bila tidak mau mengubah peralatan kerja, tubuh yang harus sesuaikan melalui olahraga," kata Trianto.

Kekakuan pada daerah leher, bahu, dan pinggang dapat dikurangi dengan melakukan peregangan. Adapun gerakan yang dapat dilakukan adalah gerakan yang biasa dilakukan saat pemanasan olahraga.

Pekerja WFH dapat melakukan peregangan dengan hitungan lima kali repetisi. Bila ada waktu luang, intensitas peregangannya disarankan untuk ditambah.

Trianto juga berpesan bagi para penderita long covid-19 untuk mewaspadai kelemahan otot atau atrofi. Penyakit ini dapat terjadi bila seseorang berkegiatan secara tidur dan duduk dalam jangka waktu lama.

"Secara mekanik ini dapat terjadi bila kita bekerja terus menerus tanpa olahraga. Hal ini jelas tampak pada penyintas long covid-19. Biasanya untuk berdiri saja itu kurang kuat. Harus aware dan waspada untuk mencegah atrofi," pesannya. (Mentari Puspadini)

(UWA)

MOST SEARCH