FITNESS & HEALTH

Bukan Sugar Rush, Penyakit ini Bisa Terjadi jika Konsumsi Minuman Manis Berlebih

Medcom
Jumat 09 September 2022 / 16:13
Jakarta: Selain menggugah selera, minuman manis juga memiliki banyak manfaat. Asupan gula yang masuk ke dalam tubuh dapat diolah menjadi sumber energi, serta dapat melepaskan hormon serotonin yang menstabilkan suasana hati dan membuatmu lebih bahagia.

Mengonsumsi minuman manis memang bisa menaikan mood baikmu. Tapi, tahu nggak kalau minuman manis juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah obesitas.

Yuk, Simak dampak buruk lainnya akibat mengonsumsi minuman manis terlalu sering:
 

1. Lonjakan insulin


Sudah bukan hal yang asing lagi, minuman atau makanan manis dapat menjadi pemicu terjadinya diabetes. Dikutip dari Dr. Tan, bahwa kelebihan gula dalam tubuh pasti menyebabkan lonjakan insulin dengan resiko jangka panjang.
 

2. Kerusakan gigi


Seperti halnya yang terjadi pada anak-anak, terlalu banyak mengonsumsi asupan manis akan menyebabkan kerusakan pada gigi.
 

3. Kolesterol tinggi


Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jika seseorang mengonsumsi minuman manis, maka mereka akan cenderung memiliki kadar HDL yang lebih rendah dari pada LDL dalam tubuh, sehingga berisiko penyempitan pembuluh darah pada jantung.
 

4. Penuaan dini


Saat kamu mengonsumsi minuman manis berlebih, maka akan menyebabkan kerusakan dinding pembuluh darah. Hal ini menjadikan kulit jauh lebih mudah keriput.
 

5. Peradangan


Minuman manis yang sering kamu konsumsi juga bisa menjadi penyebab dari peradangan hingga penyakit autoimun. Ini diakibatkan oleh gula yang menekan sel darah putih dan mendorong terbentuknya sel radang C reactive protein.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH