FITNESS & HEALTH

Ini Obat untuk Pasien Omicron yang Menjalani Isoman

Raka Lestari
Jumat 11 Februari 2022 / 17:24
Jakarta: Pada pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Layanan telemedicine yang saat ini tersedia juga bisa digunakan jika mengalami kondisi tanpa gejala atau gejala ringan.

Kemudian untuk obat yang digunakan, menurut Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, obat yang dikonsumsi bersifat obat bebas.

"Jadi mungkin kita tahu, salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas kita kalau positif covid-19 dan tidak bergejala adalah dengan minum vitamin," ungkap Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Menurut dr. Nadia, vitamin bisa dibeli karena merupakan obat bebas. Kemudian obat penurun panas, yang tentunya kamu tahu ini merupakan obat-obat yang warnanya hijau, jadi juga bisa dibeli dengan bebas dan tidak perlu resep dokter.

"Tetapi kalau untuk obat-obat lain yang tentunya perlu resep dokter sebaiknya melakukan konsultasi," ujarnya.

"Kami ingatkan juga walaupun misalnya kita bisa membeli obat penurun panas seperti paracetamol, tapi kalau kemudian demamnya tidak turun dan bertambah berat maka sebaiknya ke fasilitas layanan kesehatan. Itu akan menjadi pilihan yang terbaik, yang penting adalah kita jangan sampai terlambat dan bertambah parah baru datang ke fasilitas layanan kesehatan," tutupnya. 
(FIR)

MOST SEARCH