FITNESS & HEALTH

Perlunya Membiasakan Anak Memenuhi Cairan Tubuh di Masa Pandemi

Raka Lestari
Jumat 23 Juli 2021 / 08:10
Jakarta: Selain menjaga agar anak tetap aktif bergerak di masa pandemi ini, asupan cairan pada anak juga perlu diperhatikan oleh orang tua. Anak-anak seringkali lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya sendiri.

Mengapa kebiasaan minum juga penting untuk diperhatikan? Peningkatan konsumsi minuman manis pada anak-anak tidak hanya memengaruhi kesehatan mereka di masa kanak-kanak, melainkan juga merupakan indikator kondisi kesehatan yang kuat di masa dewasa.

Anak dengan kebiasaan minum yang baik sejak dini cenderung akan membawa kebiasaan ini hingga mereka dewasa. Sehingga bermanfaat untuk menjaga kualitas kesehatan di masa depan.

Seperti yang kita ketahui, sedentary lifestyle ini berkaitan dengan prevalensi obesitas pada anak, serta meningkatkan risiko hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas dan diabetes. Dikhawatirkan, kebiasaan minum yang kurang baik dapat memperburuk dampak dari sedentary lifestyle di masa pandemi seperti sekarang ini.

Selain aktif bergerak, penting bagi orang tua untuk membantu anak menerapkan hidrasi sehat. Riset juga menemukan 1 dari 5 anak Indonesia masih kurang minum.

"Padahal, kebiasaan minum yang baik tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan anak tetapi juga membantu anak menjadi lebih cermat, tanggap, dan memiliki performa yang baik,“ ujar Dokter Anak Konsultan Tumbuh Kembang dan Pakar Hidrasi, Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), M.P.H.

Anak membutuhkan dukungan orang tua agar mereka tetap aktif, terhidrasi, dan fokus. Pastikan kebutuhan air berkualitas dan nutrisi seimbang terpenuhi, serta kebiasaan hidup aktif ditingkatkan. Hal ini akan mendukung kualitas kesehatannya hingga dewasa nanti.

Mengajak anak cukup minum juga dapat disiasati dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak membutuhkan minimal 7 gelas air minum setiap harinya.

Proporsi kandungan air dalam tubuh anak lebih tinggi dari orang dewasa, namun mekanisme haus anak belum berkembang dengan baik. Sehingga membutuhkan dukungan yang optimal.

"Kita bisa membuat pengingat menarik untuk anak-anak seperti gambar lucu, mewarnai water tracker setiap beberapa jam sekali, memberikan botol minum yang menarik dan lain sebagainya," tutup dr. Bernie.
(FIR)

MOST SEARCH