FITNESS & HEALTH

5 Obat Rumahan yang Bisa Meredakan Batuk dan Flu

Raka Lestari
Rabu 18 November 2020 / 17:16
Jakarta: Mengalami batuk dan flu, meskipun sedang berada di rumah saja, tentunya akan sangat tidak nyaman. Kombinasi dari lemas, demam, kedinginan, sakit tenggorokan, sudah cukup membuatmu menderita.

Memang, ada banyak obat yang bisa mengatasi flu dan batuk. Akan tetapi, dengan bahan-bahan di rumah juga ternyata bisa membantu mengatasinya. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa obat rumahan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi flu dan batuk:
 

1. Sup ayam


Sup ayam mungkin bukan obat untuk menyembuhkan secara keseluruhan, tetapi ini merupakan pilihan yang tepat, jika kamu sedang sakit. Penelitian menemukan bahwa menikmati semangkuk sup ayam dengan sayuran, yang disaijkan secara hangat dapat memperlambat neutrofil di tubuh.


Sup ayam ternyata bisa meredakan batuk dan flu. (Foto: Pexels)

Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang umum. Sel ini membantu melindungi tubuh dari infeksi.
 

2. Jahe


Manfaat kesehatan dari jahe sudah terkenal sejak berabad-abad lalu, tetapi para ilmuwan saat ini sudah dapat membuktikan khasiat ilmiahnya. Beberapa irisan jahe mentah dalam air mendidih dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan.


Penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga bisa menangkal perasaan mual yang begitu sering menyertai influenza. (Foto: Pexels)
 

3. Madu


Madu memiliki beragam sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dalam teh dengan lemon dapat meredakan sakit tenggorokan.


10 gram madu bisa mengurangi gejala batuk. (Foto: Pexels)

Penelitian menunjukkan bahwa madu juga merupakan penekan batuk yang efektif. Dalam sebuah penelitian, peneliti menemukan bahwa memberi anak-anak 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi keparahan gejala batuk mereka.
 

4. Bawang putih


Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Menambahkan suplemen bawang putih ke dalam makanan dapat mengurangi keparahan gejala flu.


Menurut beberapa penelitian, bawang putih bahkan dapat membantu menghindari terkena flu dan batuk. (Foto: Pexels)
 

5. Vitamin C


Vitamin C memainkan peran penting dalam tubuh dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bersama dengan jeruk nipis, jeruk biasa, jeruk bali, sayuran berdaun hijau, serta buah dan sayuran lainnya, lemon adalah sumber vitamin C yang baik.


Teh Lemon (Foto: Pexels)

Cukup menambahkan jus lemon segar ke teh panas dengan madu dapat mengurangi dahak saat sakit. Minum lemon panas atau dingin juga dapat membantu.
(FIR)

MOST SEARCH