FITNESS & HEALTH

Manfaat Penggunaan Masker Madu untuk Wajah dan Kulit

Raka Lestari
Rabu 10 Maret 2021 / 12:10
Jakarta: Penggunaan madu untuk kesehatan sudah dilakukan sejak lama, termasuk juga untuk kesehatan kulit. Baik dikonsumsi secara langsung ataupun menggunakan madu sebagai masker, dianggap bisa memberikan berbagai manfaat untuk kulit.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa manfaat dari masker madu untuk kulit wajah:
 

1. Untuk wajah berjerawat, psoriasis, dan eksim


Madu untuk mengatasi kondisi kulit kronis dapat dijadikan sebagai pasta, spot-treatment, atau sebagai masker wajah yang dibiarkan selama beberapa menit. Hal terpenting dalam menggunakan madu untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Madu yang kamu gunakan harus tetap mengandung bakteri sehat agar efektif. Ini akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi peradangan dan kemerahan, serta memudarkan noda hitam.

Salah satu cara menggunakan madu untuk wajah adalah mencampurnya dengan bahan lain untuk dijadikan masker wajah. Sebelum melakukan ini, pastikan untuk melakukan uji tempel pada madu dan bahan lainnya untuk memastikan kamu tidak akan mengalami reaksi alergi.
 

2. Mencerahkan kulit


Para peneliti memang belum menemukan hubungan langsung antara penggunaan madu pada wajah dengan mencerahkan bintik-bintik hitam. Akan tetapi, karena madu memiliki khasiat untuk mengeksfoliasi maka dengan menggunakannya pada wajah bisa menghilangkan sel kulit mati yang membuat wajah menjadi kusam.

Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke wajah. Atau bisa juga dengan mengencerkan madu dengan air murni agar tidak terlalu lengket dan lebih mudah dihilangkan. Biarkan madu di kulit selama beberapa menit sebelum dibilas.
 

3. Memudarkan bekas jerawat


Madu membantu proses penyembuhan tubuh, yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Kamu dapat menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka seperti bekas jerawt dengan mengoleskannya setiap hari atau sebagai pasta di lokasi bekas luka. Atau bisa juga dengan menjadikannya sebagai masker wajah dari madu sebagai bagian dari rutinitas harian.
(FIR)

MOST SEARCH