FITNESS & HEALTH

Viral di Medsos, Benarkah Asap Rokok Picu Bronkitis?

Sri Yanti Nainggolan
Senin 12 September 2022 / 17:06
Jakarta: Sebuah video menceritakan anak terkena bronkitis karena bapaknya perokok viral. Asap rokok memang bisa memicu penyakit paru tersebut. 

"Kalau yang udah punya anak, yuk egonya minggir sebentar buat ga ngerokok daripada gabisa gendong anak," ucap akun TikTok @telormcd. 

Video yang telah ditonton lebih dari 3,5 juta kali itu menceritakan bagaimana kronologi anaknya terkena bronkitis. 

"Anak aku awalnya demam, batuk, dan pilek. Pas dicek ternyata anak aku bronkitis," ucap akun itu. 


Anak kena bronkitis karena ayah perokok. Tiktok @telormcd
 

Apa itu bronkitis?

Dilansir dari halodoc, bronkitis adalah kondisi peradangan bronkus akibat infeksi, alergi, asap, dan sebagainya. Bila saluran pernapasan ini mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. 

Lendir tersebut bisa menyumbat sehingga menghalangi udara mencapai paru-paru. Gejala bronkitias berupa batuk berdahak yang mengandung banyak lendir, kesulitan bernapas, dan dada terasa sesak. 
 
Baca: Viral! Anak Kena Bronkitis karena Ayah Perokok
 

Apakah asap rokok bisa memicu bronkitis?

Ada banyak penyebab bronkitis, salah satunya kebiasaan merokok. Pasalnya, di setiap hisapan rokok amat berpotensi untuk merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru (rambut silia). Padahal, rambut silia punya peran untuk menghalau dan menyapu keluar debu, iritasi, dan mukosa atau lendir yang berlebihan.

Zat yang terdapat dalam rokok bisa menimbulkan kerusakan permanen pada silia dan lapisan dinding bronkus. Akibatnya, kotoran pun tak bisa dikeluarkan dan dibuang dengan normal. 

Dampaknya, lendir dan kotoran akan menumpuk di dalam paru-paru. Kondisi ini juga yang nantinya bisa membuat sistem pernapasan jadi rentan terinfeksi, termasuk kena bronkitis. 
(SYN)

MOST SEARCH