End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Kram Otot, Salah Satu dari 5 Tanda Ginjalmu Tidak Sehat

Mia Vale
Jumat 06 Januari 2023 / 07:00
Jakarta: Ginjal bertanggung jawab untuk pemurnian darah dan menghilangkan cairan ekstra dari tubuh. Namun, ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan pada tubuh. 

Merasa lebih lelah, merupakan tanda yang bisa dirasakan dan patut diwaspadai. Memang, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah seseorang memiliki penyakit ginjal adalah dengan melakukan tes. Hanya saja, selain merasa lebih lelah, ada gejala lain juga harus diwaspadai, seperti dinukil dari Times of India berikut ini:
 

Kulit kering dan gatal

Menurut Dr. Puru Dhawan (BAMS), ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah. Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal lanjut, yakni ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.
 

Ada darah di urin 

"Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah di dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin, tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini dapat mulai "bocor" ke dalam urin. Selain, menandakan penyakit ginjal, darah dalam urin juga bisa menjadi indikasi adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi," tandas Dr. Dhawan.


(Ginjal bertanggung jawab untuk pemurnian darah dan menghilangkan cairan ekstra dari tubuh.
Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 
 

Urin berbusa

Gelembung berlebihan dalam urin, terutama yang mengharuskan kamu untuk menyiram beberapa kali sebelum hilang menunjukkan protein dalam urin. Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang kamu lihat saat mengocok telur, karena protein yang umum ditemukan dalam urin, albumin, adalah protein yang sama dengan yang ditemukan dalam telur.
 

Otot kram

Puru Dhawan juga menambahkan bahwa ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan kram otot.
 

Pergelangan kaki bengkak

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan di ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis.
(yyy)

MOST SEARCH