FITNESS & HEALTH

Apakah Penyakit Herpes Bisa Disembuhkan?

Raka Lestari
Jumat 08 Januari 2021 / 14:33
Jakarta: Virus herpes simpleks (HSV), yang juga dikenal sebagai herpes adalah virus yang umum dan tidak dapat disembuhkan yang ditularkan melalui kontak orang ke orang. Herpes dapat menyebabkan luka yang muncul di mulut dan di area genital.

"Herpes tidak dapat disembuhkan karena disebabkan oleh jenis virus yang sangat baik, sehingga bisa tidak terdeteksi oleh sistem kekebalan kita," kata Brooke Grant Jeffy, MD, dan dokter kulit bersertifikat di Spectrum Dermatology.

"Virus ini dapat tertidur, yang pada dasarnya bersembunyi di sel saraf kita untuk periode waktu tertentu," sambungnya.

Karena sifatnya yang asimtomatik, sulit untuk mengetahui apakah pasangan menderita HSV tanpa pengujian yang tepat. Satu-satunya hal yang kamu yakini adalah bahwa, kontak kulit k kulit, terutama pada seseorang yang sudah pernah terkena sebelumnya dapat meningkatkan kemungkinan kamu tertular herpes. Baik HSV-1, maupun HSV-2.

Baik HSV-1 dan HSV-2 dapat menyebabkan luka atau lecet muncul di sekitar penis, skrotum, vulva, vagina, leher rahim, anus, paha bagian dalam, bibir, mulut, tenggorokan, dan dalam kasus yang jarang terjadi, di mata. Namun, sebagian besar kasus herpes genital disebabkan oleh HSV-2, meskipun ada juga kasus herpes genital yang disebabkan oleh HSV 1 dilaporkan.

"Herpes paling menular ketika luka melepuh atau luka terbuka, namun virus juga dapat ditularkan dari kulit yang tampak normal dan inilah mengapa begitu banyak orang yang mengidap virus tersebut," kata Jeffy.
 

Cara mencegah terkena herpes

Lantaran tidak dapat disembuhkan, maka bagi kamu yang tak mau terkena virus ini ada baiknya untuk mencegah terjadinya infeksi herpes. Salah satunya menghindari kontak dengan lesi oral atau genital yang aktif.

"Untuk herpes mulut, kamu harus menghindari berbagi benda yang mungkin mengandung air liur seperti peralatan perak. Kondom dapat mengurangi kemungkinan terkena herpes genital," kata Jeffy.


Tindakan pencegahan lainnya termasuk:

1. Jika kamu menderita herpes, kamu dapat minum obat untuk membantu mencegah penularan ke pasangan.

2. Menggunakan kondom selama fase bebas gejala.

3. Membatasi jumlah pasangan seksual.

4. Berbicara secara terbuka dengan pasangan mengenai virus tersebut.

5. Jika kamu pernah mengalami beberapa kali serangan herpes genital, obat antivirus bisa menjadi pilihan.
(FIR)

MOST SEARCH