End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Memicu Adrenaline, Simak 5 Manfaat Arung Jeram bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Medcom
Kamis 05 Januari 2023 / 15:24
Jakarta: Arung Jeram merupakan olahraga kompetitif yang bertujuan untuk menavigasi hilir di sungai jeram menggunakan rakit yang digembungkan. Ini dianggap sebagai olahraga ekstrim yang sangat menantang dan berisiko, serta membutuhkan banyak kerja sama tim.

Arung jeram juga merupakan kegiatan rekreasi yang sangat populer yang dilakukan di sebagian besar negara di dunia. Bagi setiap peserta yang akan bermain arung jeram maka akan diberikan perlengkapan termasuk alat bantu seperti, pelampung, pakaian renang, helm, dan dayung.

Sedangkan pemandu akan mengatur rakit, membawa tali lempar, alat komunikasi, peluit, pisau sungai, pelampung, kotak P3K, dan dayung pemandu besar untuk daya ungkit ekstra.

Karena arung jeram merupakan olahraga air, maka ini juga memiliki banyak manfaat. Inilah 5 manfaat kesehatan fisik dan mental dari arung jeram:
 

1. Mengurangi stres


Arung jeram memberimu pelarian dari kenyataan. Keheningan alam membuat rileks dan meninggalkan semua kekhawatiran, terutama saat sungai bergerak lambat. Namun, ketika sungai kembali mengalir, kamu pasti dapat melepaskan stres melalui latihan yang diperlukan dalam mengayuh berat.
 

2. Memperkuat otot


Arung jeram adalah aktivitas fisik yang menyenangkan dan menantang. Dengan menggunakan tubuh bagian atas, kamu mengayuh dengan cepat dan penuh semangat melalui sungai.

Gerakan mengayuh mengencangkan lengan, punggung, dan bahu. Saat arus sungai tumbuh lebih deras dan ketahanan air meningkat, kekuatan otot juga meningkat saat kamu terus melawan tantangan sungai.
 

3. Latihan kardio yang luar biasa


Sebagai aktivitas berat yang membutuhkan daya tahan. Kamu harus bertahan lama mengayuh di arus deras yang mengalir cepat untuk memastikan navigasi yang tepat dan untuk mencegah rakit, skenario terburuk, terjungkir, hingga mengirim semua orang ke sungai. Stamina dan daya tahan yang kamu butuhkan harus berada pada level puncak untuk memastikanmu berhasil menyelesaikan tantangan.
 

4. Perjalanan psikologis


Secara psikologis, pikiran kamu melakukan perjalanan dengan tubuh yang menyusuri sungai, secara metaforis mengungkapkan perjalanan kamu melalui kehidupan. Meskipun banyak rintangan, kamu belajar dengan cepat dengan kerja keras, dedikasi, dan bantuan dari teman yang cukup, kamu dapat mencapai apa pun.
 

5. Membangun rasa percaya diri untuk self-esteem


Menjinakkan arus yang mengintimidasi tampaknya merupakan tugas yang sangat berat pada awalnya. Namun, begitu kamu menyelesaikannya, itu memberi rasa pencapaian yang meningkatkan kepercayaan diri. Itu, dalam prosesnya, memberikanmu kepercayaan diri untuk mengatasi tantangan lain yang diberikan kehidupan.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH