FITNESS & HEALTH

Pilihan Aktivitas Ini Cocok untukmu yang Malas Berolahraga

Raka Lestari
Jumat 24 Desember 2021 / 17:10
Jakarta: Seperti diketahui, berolahraga memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, melainkan kesehatan mental.

Bagi kamu yang suka berolahraga, kamu pasti rela bangun pagi untuk melakukan olahraga kesukaannya tersebut. Akan tetapi, beberapa orang mungkin saja tidak terlalu suka berolahraga. Padahal, meskipun kamu tidak suka berolahraga penting untuk rutin membuat tubuh tetap bergerak.

Sebuah studi pada 2018 dalam American Journal of Epidemiology dengan data dari American Cancer Society menyatakan, ada hubungan antara waktu yang dihabiskan hanya dengan duduk saja dengan penyakit yang berkaitan dengan ginjal, paru-paru, dan hati. Termasuk peningkatan risiko kematian akibat kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Dikutip dari Livestrong, kurang olahraga juga dapat menyebabkanmu lebih mudah depresi. Untuk itu, penting sekali untuk selalu menggerakkan tubuh, meskipun kamu sebenarnya tidak menyukai hal tersebut.
 

Pilihan olahraga yang bisa dilakukan


Berolahraga adalah bagian integral dari perawatan diri. Menurut pelatih nutrisi Minna Lee, melakukan olahraga menunjukkan pada diri sendiri bahwa kesehatanmu layak untuk diperhatikan. Cobalah untuk memikirkan kembali bahwa olahraga merupakan sesuatu yang baik bagi tubuh, bukanlah alat untuk menyiksa.

Dan salah satu olahraga yang terbaik adalah berjalan kaki. Dalam sebuah penelitian, Dr Melina B. Jampois menjelaskan, bahwa berjalan kaki secara teratur benar-benar mengubah sistem saraf pada tubuh. Sehingga kamu akan mengalami penurunan rasa marah dan kesal.

"Berjalan 10-30 menit sehari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi stres," ujar Dr. Melina.

Aktivitas lainnya yang mudah untuk dilakukan, sekalipun di rumah saja adalah dengan melakukan squat. Aktivitas ini dianggap sebagai latihan paling fungsional dan terbaik yang dapat dilakukan siapa pun.

Menurut Healthline, squat dapat melatih sebagian besar otot di tubuh. Squat juga dapat membakar kalori dalam jumlah yang banyak, mendorong penurunan berat badan, dan membuat tubuh menjadi lebih kuat.

Pilihan lain yang bisa dipilih adalah berenang. Menurut Healthline, berenang dianggap sebagai latihan yang sempurna. Sebab melatih otot-otot dan melatih seluruh tubuh tanpa membuat sendi tegang.
(FIR)

MOST SEARCH