End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Hidup Lebih Sehat di Tahun Baru, Terapkan 4 Kebiasaan Positif Ini

Medcom
Kamis 29 Desember 2022 / 17:00
Jakarta: Bagi sebagian besar orang, perayaan tahun baru juga kerap dijadikan momen yang tepat untuk kembali mengevaluasi perjalanan hidup selama setahun belakang dan membuka lembaran baru dengan penuh semangat. 

Meskipun, setiap orang memiliki target dan keinginan yang berbeda-beda, namun salah satu resolusi tahun baru yang paling sering dibuat adalah meningkatkan kualitas hidup dengan membiasakan hidup lebih sehat. 

Salah satu cara yang paling efektif untuk mempunyai tubuh yang lebih sehat adalah dengan mempunyai kesadaran penuh untuk mulai memperhatikan segala asupan nutrisi yang dikonsumsi dan mengontrol rutinitas maupun berbagai kebutuhan yang dibelanjakan setiap harinya.

Daniel Minardi, Head of Brands Partnership & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan, "Mengawali lembaran baru di tahun 2023, tentunya semua orang masih berantusias untuk memanfaatkan momen ini guna mencapai berbagai tujuan dan impian yang belum dapat direalisasikan di tahun sebelumnya, seperti meningkatkan kualitas hidup dari berbagai aspek. Salah satu usaha yang dapat kita lakukan untuk merealisasikan hal tersebut adalah dengan membangun pola hidup sehat yang konsisten."

Menyambut tahun baru dengan resolusi terbaru, tidak salahnya untuk membuat resolusi pola hidup lebih sehat. Ini beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk tetap berada di pola sehat demi tubuhmu, di antaranya:
 

Konsumsi makanan yang tepat dan sehat

Mengonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu langkah awal yang penting untuk kamu lakukan saat membangun kebiasaan hidup sehat. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat menerapkan pola makan sehat. Tidak hanya menyesuaikan jumlah makanan, mengatur jam makan dan memperhatikan jenis makanan juga menjadi kunci utama mencapai gizi yang seimbang.
 

Penuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh

Yang tidak kalah penting untuk melengkapi gaya hidup sehatmu adalah memastikan kebutuhan vitamin harian-agar selalu terpenuhi. Selain untuk menjaga imunitas tubuh sehat dan fit, vitamin juga dapat meningkatkan energi, mengatur metabolisme, hingga menjaga kesehatan kulit. Ada banyak cara bagi kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin, seperti mengonsumsi sayur, buah, dan ikan secara teratur hingga berjemur di bawah sinar matahari pagi.


(Membiasakan diri konsumsi makanan bergizi adalah awal untuk memulai pola hidup sehat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Rajin berolahraga

Selain memerhatikan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, kamu juga bisa mengimbanginya dengan mulai rajin dan konsisten berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh semakin sehat dan membantu mengontrol berat badan, berolahraga juga memiliki segudang manfaat lain seperti membuatmu menjadi lebih berenergi sehingga kamu bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih bersemangat.
 

Istirahat yang cukup

Setelah beraktivitas seharian, sangat penting bagi kita untuk beristirahat dengan tidur yang cukup. Kebutuhan tidur setiap orang umumnya berbeda-beda, namun orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7–9 jam setiap harinya. 

Untuk memastikan tidur kita berkualitas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti membuat kondisi kamar senyaman mungkin, buat jadwal tidur yang rutin, perhatikan makanan dan minum yang dikonsumsi sebelum tidur, dan membatasi penggunaan gadget saat sudah waktunya tidur.


Aulia Putriningtias
(yyy)

MOST SEARCH