FITNESS & HEALTH

Mulai Dijalankan Tahun Ini, Apa Itu Program Dapur Mustikarasa?

A. Firdaus
Kamis 04 Januari 2024 / 16:10
Jakarta: Survei Foodbank of Indonesia (FOI) pada 2022 mengungkap bahwa, 27 persen anak berangkat ke sekolah dengan perut kosong. Bahkan angka tersebut mencapai 40-50 persen di daerah padat perkotaan. Oleh karena itu FOI memiliki fokus utama untuk membuka akses pangan bagi anak-anak sekolah.

Senada dengan FOI, Nestle Indonesia punya komitmen untuk aktif menjaga kesehatan dan keafiatan konsumen. Sehingga hadirlah kerja sama antara Nestle dengan FOI yang menghadirkan program donasi pangan 'Dapur Mustikarasa' mulai tahun 2024.

"Selama lebih dari 50 tahun berdiri di Indonesia, Nestlé berkomitmen untuk menciptakan manfaat bersama bagi individu dan keluarga, masyarakat, dan bumi. Salah satu mitra kami adalah FOI," ungkap Presiden Direktur Nestle Indonesia, Samer Chedid.

"Sejak 2020, kami bangga dapat berkontribusi dalam memberikan akses pangan melalui
kerja sama bersama FOI kepada masyarakat Indonesia di berbagai wilayah. Kontribusi ini sejalan dengan nilai yang dimiliki Nestle, yaitu Creating Shared Value (CSV)," sambungnya.


Penandatangan kerja sama antara FOI dan Nestle untuk mewujudkan program Dapur Mustikarasa. Dok. Ist

Program 'Dapur Mustikarasa' FOI adalah kegiatan sarapan pagi yang diselenggarakan di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau sekolah dasar. Melalui program ini, mendorong para guru dan orang tua untuk menyediakan dan memperkenalkan makanan sehat kepada anak-anak. Tujuan utama dari program ini adalah untuk menciptakan generasi yang lebih sehat dan tangguh untuk masa depan.

Baca juga: Sarapan Praktis jadi Solusi Anak untuk Tetap Berenergi saat di Sekolah

Program sarapan sehat ini akan dilaksanakan dua kali seminggu selama enam bulan dan menargetkan 100 sekolah. NestleIndonesia berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif ini sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun jumlah produk yang didonasikan yaitu lebih dari 48.000 produk, berupa: susu DANCOW FortiGro, susu steril BEAR BRAND, minuman cokelat MILO UHT, dan berbagai varian sereal sarapan KOKO KRUNCH.

"Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada Nestlé Indonesia yang sejak 2020 telah menjadi mitra strategis kami dalam mewujudkan berkomitmen untuk mengatasi ketimpangan pangan di masyarakat," kata Pendiri FOI, Wida Septarina Wijayanti.

Dengan komitmen ini, FOI dan Nestlé turut mendukung Indonesia dalam mencapai kedaulatan pangan sebagaimana ditargetkan oleh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 2, yaitu mengakhiri kelaparan, mencapai keamanan pangan, meningkatkan gizi dan mempromosikan pertanian berkelanjutan.

"Kami selalu berfungsi sebagai jembatan antara mereka yang memiliki kelebihan makanan dan mereka yang membutuhkannya. Kami berharap FOI dan Nestle terus menjadi mitra strategis untuk selalu dapat memberikan gizi yang terbaik bagi anak-anak hingga masa mendatang," tutur Wida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH