End Google Analytics -->
FEATURE

Kolaborasi PNM dan Unilever Perkuat Kesehatan Masyarakat

Rendy Renuki H
Jumat 19 November 2021 / 15:41
Jakarta: PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan PT Unilever Indonesia Tbk melaksanakan program sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat bertema BUKARSA (Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera).

Tema ini diusung untuk meningkatkan kesadaran Nasabah PNM Mekaar akan perlunya menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan dan keluarga, khususnya di masa pandemi melalui serangkaian program edukasi, sosialisasi, dan pemberdayaan kota dengan tetap patuh pada protokol kesehatan.

Memiliki visi serupa, PNM dan Unilever menjalankan usaha dengan prinsip berkelanjutan. Program ini merupakan rencana kolaborasi untuk memberdayakan komunitas terutama perempuan prasejahtera yang merupakan nasabah PNM Mekaar.

Program ini akan dilakukan di 12 kota yang tersebar di empat Provinsi Indonesia (Kab. Sukabumi, Kab. Bandung,  Kab. Cianjur, Kab. Garut, Kab. Ciamis, Kab. Siak, Kab. Kebumen, Kab. Klaten, Kab. Semarang, Kab. Sampang,  Kab.Pamekasan, dan Kab. Ngawi).

"Kolaborasi ini diharapkan dapat  memberikan semangat positif bagi nasabah PNM Mekaar ditengah pandemi Covid-19 yang mewajibkan para pengusaha untuk mematuhi protokol kesehatan dan tentunya pelaksanaan ini didukung penuh oleh rekan-rekan PNM di lapangan,” kata Sunar Basuki, Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM.

Program BUKARSA telah dilakukan dengan mempertimbangkan kedekatan budaya lokal, sehingga Nasabah PNM Mekaar dapat memahami betul materi yang disampaikan terkait pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan keluarga itu dalam mendukung kegiatan usaha mereka.

"Unilever percaya bahwa bisnis haruslah berlandaskan tujuan penting (purpose) dan memberikan dampak menjalankan bisnis dengan prinsip berkelanjutan. Melalui program  Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (BU KARSA) yang merupakan hasil kolaborasi antara Unilever Indonesia dan PNM diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pada 500,000 perempuan prasejahtera. Kami percaya bahwa perempuan, terutama ibu menjadi tokoh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga serta menjadi agen perubahan di lingkungan mereka," ujar Nurdiana Darus, Head of Corporate Affairs & Sustainability Unilever. 

Dukungan Unilever terhadap Program BU KARSA tidak hanya memberikan sosialisasi edukasi, Unilever juga menyalurkan 500 ribu produk handsanitizer, 3.000 dus sabun cuci tangan, 16.000 pasta gigi, dan buku panduan resep masakan untuk di bagikan keseluruh Nasabah Mekaar PNM melalui teman-teman fasilitator PNM di lapangan.

"Terdapat tiga mekanisme yang dilakukan selama pelaksanaan program yaitu Training of Trainers kepada para pendamping nasabah di lapangan atau dikenal dengan Account Officer PNM, Sosialisasi kepada kelompok nasabah, serta pengukuran dampak, monitoring dan evaluasi," ujar Mira Damayanti Hardjono, Kepala Divisi JML.

Periode program BUKARSA sendiri dijalankan selama bulan Agustus-Desember 2021. Saat ini di Kabupaten Pamekasan, proses sosialisasi program BUKARSA telah dilangsungkan di 10 cabang Mekaar PNM dengan target 22 ribu ibu-ibu prasejahtera.
(REN)

MOST SEARCH