FAMILY
Ini Inspirasi Gaya Pernikahan Kaesang dan Erina yang Bisa Kamu Tiru
Medcom
Jumat 02 Desember 2022 / 18:15
Jakarta: Kaesang Pangarep akan menikah pada 8 - 11 Desember mendatang. Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo itu akan mempersunting Erina Gudono. Kabarnya, mereka akan melakukan akad di daerah mempelai wanita, di Sleman, Yogyakarta dan akan dilanjut ngunduh mantu di Solo.
Namun, usut punya usut bahwa resepsi di Solo dan Yogya memiliki perbedaan kuota yang sangat jauh. Di Jogja, acara akan digelar selama 3 hari, 8-10 Desember dengan kuota tidak lebih dari 300 kursi dan itu hanya keluarga yang memiliki barcode.
Sedangkan ngunduh mantu akan diadakan di Solo dengan kuota unlimited bahkan masyarakat bisa menyaksikan resepsinya. Ribuan porsi makan dan souvenir akan dibagikan secara gratis kepada warga untuk merayakan acara pernikahan Kaesang dan Erina di Solo.
Penasaran, apa aja sih yang harus kamu persiapkan jika harus melakukan prosesi pernikahan? Simak artikel ini, karena Medcom.id telah merangkumnya untuk kamu:
Menetapkan anggaran pernikahan merupakan hal utama yang harus kamu persiapkan. Ini mungkin bukan bagian yang menyenangkan, namun tugas ini harus benar-benar kamu selesaikan terlebih dahulu karena semua rancangan pernikahan membutuhkan anggaran agar kamu juga bisa hidup tenang setelah menikah.
Setiap orang memiliki wedding dreamnya sendiri. Namun jika kamu bingung menentukan, coba mencari inspirasi gaya pernikahan. Contohnya kamu bisa mengambil gaya pernikahan yang diusung oleh Kaesang dan Erina ini.
Mereka menggunakan adat Solo Gagrak Surakarta dan Yogya Paes ageng atau Jogja Putri. Kamu juga bisa menggunakan adat lain yang ada di Indonesia.
Sudah pasti kewalahan jika mengatur pernikahan sendirian. Kamu bisa menggunakan WO ataupun menggunakan aplikasi wedding planner untuk membantu. Namun jangan salah, jika kamu menggunakan WO, kamu juga harus memiliki catatan tersendiri agar tidak miss communication.
Daftar tamu memiliki peran penting agar di hari H kamu tidak kelebihan kapasitas undangan. Ada perbedaan besar antara pernikahan 50 orang dan pernikahan 300 orang, terutama dalam hal pilihan tempat dan catering. Jadi, sebelum kamu mulai menjelajahi tempat pernikahan, cari tahu berapa banyak tamu yang akan kamu terima.
Kamu bisa menentukan venue yang akan kamu gunakan untuk akad dan resepsi pernikahan. Kamu bisa melakukannya di rumah maupun ballroom yang kamu impikan.
Carilah tempat-tempat yang sesuai dengan tema wedding dan kapasitas undanganmu. Jika bertemakan outdoor, kamu bisa memilih rooftop hotel tengah kota atau taman. Ternyata Erina sudah membooking Hotel Alila Solo untuk pernikahannya sejak 1 bulan lalu.
Nandhita Nur Fadjriah
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(FIR)
Namun, usut punya usut bahwa resepsi di Solo dan Yogya memiliki perbedaan kuota yang sangat jauh. Di Jogja, acara akan digelar selama 3 hari, 8-10 Desember dengan kuota tidak lebih dari 300 kursi dan itu hanya keluarga yang memiliki barcode.
Sedangkan ngunduh mantu akan diadakan di Solo dengan kuota unlimited bahkan masyarakat bisa menyaksikan resepsinya. Ribuan porsi makan dan souvenir akan dibagikan secara gratis kepada warga untuk merayakan acara pernikahan Kaesang dan Erina di Solo.
Penasaran, apa aja sih yang harus kamu persiapkan jika harus melakukan prosesi pernikahan? Simak artikel ini, karena Medcom.id telah merangkumnya untuk kamu:
1. Anggaran pernikahan
Menetapkan anggaran pernikahan merupakan hal utama yang harus kamu persiapkan. Ini mungkin bukan bagian yang menyenangkan, namun tugas ini harus benar-benar kamu selesaikan terlebih dahulu karena semua rancangan pernikahan membutuhkan anggaran agar kamu juga bisa hidup tenang setelah menikah.
2. Cari inspirasi
Setiap orang memiliki wedding dreamnya sendiri. Namun jika kamu bingung menentukan, coba mencari inspirasi gaya pernikahan. Contohnya kamu bisa mengambil gaya pernikahan yang diusung oleh Kaesang dan Erina ini.
Mereka menggunakan adat Solo Gagrak Surakarta dan Yogya Paes ageng atau Jogja Putri. Kamu juga bisa menggunakan adat lain yang ada di Indonesia.
3. Gunakan Aplikasi Perencanaan Pernikahan
Sudah pasti kewalahan jika mengatur pernikahan sendirian. Kamu bisa menggunakan WO ataupun menggunakan aplikasi wedding planner untuk membantu. Namun jangan salah, jika kamu menggunakan WO, kamu juga harus memiliki catatan tersendiri agar tidak miss communication.
4. Tentukan daftar tamu
Daftar tamu memiliki peran penting agar di hari H kamu tidak kelebihan kapasitas undangan. Ada perbedaan besar antara pernikahan 50 orang dan pernikahan 300 orang, terutama dalam hal pilihan tempat dan catering. Jadi, sebelum kamu mulai menjelajahi tempat pernikahan, cari tahu berapa banyak tamu yang akan kamu terima.
5. Pilih venue
Kamu bisa menentukan venue yang akan kamu gunakan untuk akad dan resepsi pernikahan. Kamu bisa melakukannya di rumah maupun ballroom yang kamu impikan.
Carilah tempat-tempat yang sesuai dengan tema wedding dan kapasitas undanganmu. Jika bertemakan outdoor, kamu bisa memilih rooftop hotel tengah kota atau taman. Ternyata Erina sudah membooking Hotel Alila Solo untuk pernikahannya sejak 1 bulan lalu.
Nandhita Nur Fadjriah
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FIR)