FAMILY

Ayah Wajib Tahu! Ini 4 Tips Biar Akrab dengan Anak

Medcom
Sabtu 12 November 2022 / 09:15
Jakarta: Para ayah pasti seringkali melihat anak lebih dekat dengan ibunya. Namun, itu memang wajar karena menurut American Journal of Perinatology, disebutkan awal-awal kehidupan anak merupakan masa kritis yang membentuk bonding ibu dan anak.

Namun, bukan berarti ayah tidak punya kesempatan untuk akrab bersama sang anak. Apalagi jika sampai iri hati untuk melihat anak lebih dekat dengan ibunya. Ayah hanya perlu keyakinan untuk bisa dekat dengan anak.

Karena ini merupakan Hari Ayah Sedunia, ayah bisa lakukan cara-cara ini sebagai bentuk untuk mendekatkan diri kepada anak, lho. Adapun tips untuk akrab dengan anak, antara lain:
 

1. Berikan perhatian


Perhatian di sini tidak hanya saat senang, namun juga saat sedih. Anak cenderung tidak ingin masalahnya diketahui orang tuanya. Maka dari itu, ayah perlu berikan perhatian kepada anak.

Ayah bisa mulai dari mendengarkannya. Berikan penyemangat melalui kata-kata. Anak akan merasa lebih diapresiasi ketimbang ayah yang tidak peduli ketika anaknya sedang sedih ataupun senang.
 

2. Luangkan waktu


Waktu memang terdengar sepele namun sangat berharga bagi anak. Waktu bersama ayah adalah salah satu kebahagiaan anak juga. Jika tidak ada waktu, anak akan merasa jauh dengan ayah.

Maka dari itu, luangkanlah waktu ayah dengan mengajak anak pergi keluar atau bermain permainan. Hal-hal kecil tersebut dapat membantu terbangunnya komunikasi antara ayah dan anak.
 

3. Merawat anak


Merawat anak pun juga merupakan penting bagi ayah di keluarga. Namun, beberapa orang salah dalam menilai bahwa merawat anak hanya ditugaskan untuk ibu saja. Padahal, tidak melulu begitu.

Ayah bisa mulai merawat anak dengan menggantikan bajunya, membuatkan susu, memakaikan sepatu, dan lainnya. Anak akan merasa dekat dengan ayah saat hal-hal tersebut dilakukan.
 

4. Komunikasi yang baik


Komunikasi dengan baik sangat berpengaruh terhadap hubungan ayah dan anak. Pastikan ayah selalu melakukan komunikasi yang baik dan tidak menyakiti sang anak melalui kata-katanya.

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH