FAMILY

7 Ikan Hias Air Tawar dengan Perawatan Mudah

Sri Yanti Nainggolan
Selasa 13 September 2022 / 17:33
Jakarta: Memelihara ikan hias adalah salah satu hobi yang umum. Pasalnya, jenis peliharaan ini tergolong mudah dirawat. 

Namun, sebagian orang terkadang merasa malas untuk merawatnya sehingga berujung ikan hias mati. Oleh karena itu, jika ingin memelihara hewan akuatik ini, cobalah cari jenis ikan dengan perawatan tak sulit. 

Berikut adalah tujuh jenis ikan air tawar hias dengan perawatan yang mudah, dilansir dari situs OSC Medcom

1. Cupang

Betta fish atau cupang adalah ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta memiliki ekor dan warna yang cantik. Dalam perawatan, satu akuarium hanya boleh diisi satu cupang. Tujuannya agar ikan hias air tawar ini tidak bertengkar satu sama lain untuk mempertahankan teritorialnya.


Cupang adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Foto: OSC Medcom?
 

2. Molly

Ikan Molly banyak digandrungi karena penampilannya yang lucu. Ikan hias air tawar in imemiliki tubuh yang kecil dan gendut serta hidup berkelompok. 


Molly adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Foto: OSC Medcom
 

3. Hiu Tawar

Ikan Genghis Khan merupakan ikan hias air tawar yang sering disebut dengan ikan hiu air tawar karena berbentuk seperti ikan hiu. Ada dua macam warna ikan Hiu Tawar yang biasanya dijual di pasaran, yaitu hitam dan putih seperti albino.


Hiu Tawar adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Foto: OSC Medcom
 
Baca: 5 Ikan Hias yang Bisa Hidup Bersama Cupang
 

4. Neon Tetra

Seperti namanya, Neon Tetra akan terlihat mengeluarkan cahaya dari tubuhnya yang biasanya berwarna biru. Ikan hias air tawar ini akan membuat akuarium terlihat berkilau. Selain itu, Neon Tetra bersifat ramah dan mudah beradaptasi.


Neon Tetra adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Foto: OSC Medcom
 

5. Mas Koki

Ikan hias air tawar ini sangat populer di Indonesia karena harganya terjangkau. Ikan Mas Koki juga tak perlu perawatan khusus sehingga mudah untuk dipelihara.


Mas Koki adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Foto: OSC Medcom
 
Baca: Budi Daya Ikan Hias Jadi Favorit di Masa Pandemi
 

6. Tiger Barb

Ikan Tiger Barb memiliki corak seperti harimau di tubuhnya. Habitat asli ikan hias air tawar ini adalah sungai-sungai seperti di Kalimantan dan Sumatra. Sama seperti Cupang, jenis ikan ini tak boleh ditaruh bersama ikan lain jika tak ingin saling makan. 


Tiger Barb adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Foto: OSC Medcom
 

7. Guppy

Ikan Guppy memiliki ekor yang memiliki ekor yang indah. Ikan hias air tawar ini mudah untuk dirawat, cukup memastikan bahwa akurium yang ditempatinya dibersihkan secara rutin.


Guppy adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Foto: OSC Medcom
(SYN)

MOST SEARCH