Jakarta: Daya beli seseorang melalui e-commerce menjadi kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19. Tak sedikit yang menganggap e-commerce lebih mudah untuk digunakan dan memperoleh barang yang mereka inginkan.
Produk lokal kian melejit tahun demi tahun. Masyarakat mulai menyadari bahwa tak selalu produk luar yang menjadikan barang begitu trendy. Produk lokal pun tak kalah menarik!
Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, dengan mutu kualitas yang semakin tinggi, produk lokal telah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam berbagai kebutuhan sehari-hari.
Bebricara akhir tahun, tak terasa sudah hampir memasuki bulan Desember. E-commerce ini pun merilis kategori-kategori apa saja yang seringkali diakses dan digunakan oleh masyarakat.
Adapun empat kategori teratas di e-commerce yang seringkali digunakan oleh masyarakat, antara lain:
Sebagai kebutuhan sandang, produk fesyen lokal menjadi salah satu kategori produk lokal favorit para pengguna sepanjang tahun ini. Setidaknya terdapat tiga produk fesyen lokal yang paling banyak dicari.
Mulai dari celana kulot, sebuah setelan pakaian yang dijahit melalui kombinasi sempurna antara gaya trendi dan kenyamanan. Juga ada rok batik lilit, yang menggabungkan keanggunan tradisional dan sentuhan modern.
Seiring berkembangnya tren outfit berkain tradisional di kalangan generasi muda, keunikan, dan kenyamanan rok batik lilit berhasil menjadi daya tarik para srikandi Indonesia.
Selain itu, hadir pula produk Hijab Pashmina lokal favorit para perempuan muslimah yang ingin fleksibilitas desainnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk mix & match dengan berbagai gaya.
Sebagai pelengkap gaya fesyen, terdapat dua produk aksesoris yang berhasil menarik perhatian. Pertama adalah dompet yang selalu diandalkan menjadi teman setia dalam menyimpan berbagai dokumen dan materi penting dalam kehidupan sehari-hari.
Kedua adalah sepatu sneakers. Lahirnya beragam desain yang inovatif, ditambah dengan bahan berkualitas tinggi, berhasil membuat sepatu sneakers karya brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dalam beraktivitas.
Berbicara tentang makanan dan jajanan Nusantara, tahun ini basreng dan sambal menjadi bintangnya. Basreng, singkatan dari bakso goreng merupakan sebuah olahan kuliner yang menggoda selera dengan kelezatan dan kegurihan rasanya.
Sebagai menu kuliner yang sangat familiar di Indonesia, basreng berhasil menjadi pilihan favorit baru para pencinta kuliner lokal. Selain itu, beragam varian sambal dengan rasa autentik dari berbagai penjuru nusantara turut menjadi pilihan favorit penikmat kuliner di tahun ini.
Sebagai warisan rasa Indonesia, sambal memiliki citarasa pedas yang kaya akan kenikmatan rempah-rempah. Kini terdapat banyak sekali UMKM lokal yang mampu mengkreasikan beragam olahan sambal dengan citarasa kuliner khas Nusantara.
Produk kecantikan dan perawatan diri lokal tak ketinggalan menjadi favorit di tahun ini. Dengan kandungan bahan baku alami, melahirkan produk dengan kandungan vitamin yang sesuai dengan karakteristik kulit masyarakat Indonesia.
Seperti sunscreen yang menjadi salah satu produk lokal favorit tahun ini. Produk ini mampu memberikan perlindungan optimal dari sinar matahari di cuaca tropis untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan matahari.
Toner juga sebagai produk lokal favorit yang mampu menjaga kelembaban dan menyegarkan kulit wajah selama seharian. Sementara itu, lipstik pun turut menjadi pilihan favorit masyarakat berkat keramahan bahan bakunya serta warna-warni yang begitu variatif.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(FIR)
Produk lokal kian melejit tahun demi tahun. Masyarakat mulai menyadari bahwa tak selalu produk luar yang menjadikan barang begitu trendy. Produk lokal pun tak kalah menarik!
Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, dengan mutu kualitas yang semakin tinggi, produk lokal telah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam berbagai kebutuhan sehari-hari.
Bebricara akhir tahun, tak terasa sudah hampir memasuki bulan Desember. E-commerce ini pun merilis kategori-kategori apa saja yang seringkali diakses dan digunakan oleh masyarakat.
Adapun empat kategori teratas di e-commerce yang seringkali digunakan oleh masyarakat, antara lain:
1. Produk fesyen
Sebagai kebutuhan sandang, produk fesyen lokal menjadi salah satu kategori produk lokal favorit para pengguna sepanjang tahun ini. Setidaknya terdapat tiga produk fesyen lokal yang paling banyak dicari.
Mulai dari celana kulot, sebuah setelan pakaian yang dijahit melalui kombinasi sempurna antara gaya trendi dan kenyamanan. Juga ada rok batik lilit, yang menggabungkan keanggunan tradisional dan sentuhan modern.
Seiring berkembangnya tren outfit berkain tradisional di kalangan generasi muda, keunikan, dan kenyamanan rok batik lilit berhasil menjadi daya tarik para srikandi Indonesia.
Selain itu, hadir pula produk Hijab Pashmina lokal favorit para perempuan muslimah yang ingin fleksibilitas desainnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk mix & match dengan berbagai gaya.
2. Produk aksesoris
Sebagai pelengkap gaya fesyen, terdapat dua produk aksesoris yang berhasil menarik perhatian. Pertama adalah dompet yang selalu diandalkan menjadi teman setia dalam menyimpan berbagai dokumen dan materi penting dalam kehidupan sehari-hari.
Kedua adalah sepatu sneakers. Lahirnya beragam desain yang inovatif, ditambah dengan bahan berkualitas tinggi, berhasil membuat sepatu sneakers karya brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dalam beraktivitas.
3. Makanan dan jajanan tradisional
Berbicara tentang makanan dan jajanan Nusantara, tahun ini basreng dan sambal menjadi bintangnya. Basreng, singkatan dari bakso goreng merupakan sebuah olahan kuliner yang menggoda selera dengan kelezatan dan kegurihan rasanya.
Sebagai menu kuliner yang sangat familiar di Indonesia, basreng berhasil menjadi pilihan favorit baru para pencinta kuliner lokal. Selain itu, beragam varian sambal dengan rasa autentik dari berbagai penjuru nusantara turut menjadi pilihan favorit penikmat kuliner di tahun ini.
Sebagai warisan rasa Indonesia, sambal memiliki citarasa pedas yang kaya akan kenikmatan rempah-rempah. Kini terdapat banyak sekali UMKM lokal yang mampu mengkreasikan beragam olahan sambal dengan citarasa kuliner khas Nusantara.
4. Produk kecantikan dan perawatan diri
Produk kecantikan dan perawatan diri lokal tak ketinggalan menjadi favorit di tahun ini. Dengan kandungan bahan baku alami, melahirkan produk dengan kandungan vitamin yang sesuai dengan karakteristik kulit masyarakat Indonesia.
Seperti sunscreen yang menjadi salah satu produk lokal favorit tahun ini. Produk ini mampu memberikan perlindungan optimal dari sinar matahari di cuaca tropis untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan matahari.
Toner juga sebagai produk lokal favorit yang mampu menjaga kelembaban dan menyegarkan kulit wajah selama seharian. Sementara itu, lipstik pun turut menjadi pilihan favorit masyarakat berkat keramahan bahan bakunya serta warna-warni yang begitu variatif.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FIR)