FAMILY

8 Winning Skill yang Perlu Dimiliki Anak untuk Masa Depannya

Yuni Yuli Yanti
Rabu 10 Agustus 2022 / 10:00
Jakarta: Selain pemenuhan kebutuhan nutrisinya, untuk membantu si Kecil mengembangkan keterampilan motorik dan kognitifnya secara lebih optimal hingga usia 8 tahun, juga diperlukan intervensi stimulasi. 

Menurut Saskhya Aulia Prima, M.Psi., selaku Psikolog Anak & Keluarga sekaligus Co-founder Tiga Generasi, untuk membesarkan anak yang berjiwa pemenang, Mama juga perlu untuk memiliki pola pikir sebagai The Winning Mom (Mama Pemenang). 

"Winning Mom adalah sosok Mama yang tergerak untuk terus belajar dan menerapkan pendekatan parenting yang berkembang seiring waktu dan berorientasi pada masa depan. Agar anak dapat memiliki jiwa pemenang yang percaya diri dalam menghadapi tantangan di masa depan, sebagai The Winning Mom, kita perlu melakukan stimulasi sejak dini terutama mengoptimalkan periode sensitif yaitu usia 0-8 tahun dengan memberikan stimulasi yang tepat," tuturnya dalam acara virtual 'Nutrilon Royal Optimalkan Periode Winning Window sebagai Bekal Menang Bagi Si Kecil', Selasa (9/8). 

Saskhya menyebutkan salah satu stimulasi yang direkomendasikan adalah '8 Winning Skills'. Ini merupakan stimulasi yang dikembangkan oleh Nutrilon Royal bersama dengan sejumlah ahli tumbuh kembang dan dokter anak untuk mempersiapkan si Kecil menghadapi kehidupan bermasyarakat yang dinamis dan berubah dengan cepat di masa depan. Khususnya, pemenang yang memiliki pemikiran yang dibutuhkan untuk memimpin kemajuan teknologi. 


(Kemampuan fokus saat mengerjakan sesuatu perlu dilatih sejak dini. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Adapun delapan Winning Skills yang dimaksud antara lain:

- Attention: kemampuan untuk mengarahkan perhatian terhadap sesuatu.

- Focus: kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu yang dimulai sampai akhir.

- Memory: kemampuan mengingat dengan baik seperti peristiwa, benda atau orang.

- Language: kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan bahasa yang tepat.

- Psychomotor: keterampilan jasmani dan berhubungan dengan aktivitas fisik.

- Logic: kemampuan untuk menganalisa informasi.

- Reasoning: kemampuan untuk memahami dan membangun proses berpikir.

- Decision Making: kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan analisa yang telah dilakukan.
(yyy)

MOST SEARCH