COMMUNITY
TB Warriors, Kampanye Pemberdayaan Generasi Muda untuk Akhiri TBC di Indonesia
Yuni Yuli Yanti
Rabu 30 Maret 2022 / 07:00
Jakarta: Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia Tahun 2022, PT Johnson & Johnson Indonesia secara resmi mengumumkan dimulainya gerakan sosialisasi ‘Bersatu Melawan TBC’ (United Against TB) yang memberdayakan kaum muda sebagai generasi untuk turut mendukung upaya penanggulangan TBC di Indonesia.
Gerakan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat, membantu meningkatkan deteksi dini, membuka akses perawatan kepada pasien yang tidak terdiagnosis dengan cara meningkatkan pemahaman generasi muda tentang penyakit ini. Juga, mendorong mereka untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat secara aktif, serta mengadvokasi
orang-orang di sekitar mereka.
Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030, program ini juga merupakan bagian dari komitmen PT Johnson & Johnson Indonesia dalam mendukung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menekan angka penularan penyakit Tuberkulosis (TBC) di Indonesia, terlebih pada masa pandemi saat ini.
Inisiatif pertama dari beberapa inisiatif diantaranya adalah dengan meluncurkan program gamifikasi TB Warriors (Pejuang TBC), berupa empat filter interaktif untuk Facebook dan Instagram, situs web edukasi TBC yang menyediakan sumber daya dan informasi bagi kaum muda tentang TBC dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

(Adapun berbagai informasi tentang gerakan sosialisasi ini dapat diakses dalam microsite www.tbwarriors.com yang menampilkan sejumlah informasi terkait penyakit TBC. Foto: Dok. Johnson & Johnson Indonesia)
Gerakan sosialisasi ‘United Against TB’ akan diselenggarakan hingga akhir tahun 2022. Para pemuda dapat berpartisipasi aktif atas berbagai kegiatan yang akan diluncurkan seperti gamifikasi TB Warriors, aktivasi hackathon yang mengajak mereka untuk menghasilkan solusi inovatif dan kreatif penanggulangan TBC di antara generasi muda.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)
Gerakan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat, membantu meningkatkan deteksi dini, membuka akses perawatan kepada pasien yang tidak terdiagnosis dengan cara meningkatkan pemahaman generasi muda tentang penyakit ini. Juga, mendorong mereka untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat secara aktif, serta mengadvokasi
orang-orang di sekitar mereka.
Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030, program ini juga merupakan bagian dari komitmen PT Johnson & Johnson Indonesia dalam mendukung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menekan angka penularan penyakit Tuberkulosis (TBC) di Indonesia, terlebih pada masa pandemi saat ini.
Inisiatif pertama dari beberapa inisiatif diantaranya adalah dengan meluncurkan program gamifikasi TB Warriors (Pejuang TBC), berupa empat filter interaktif untuk Facebook dan Instagram, situs web edukasi TBC yang menyediakan sumber daya dan informasi bagi kaum muda tentang TBC dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

(Adapun berbagai informasi tentang gerakan sosialisasi ini dapat diakses dalam microsite www.tbwarriors.com yang menampilkan sejumlah informasi terkait penyakit TBC. Foto: Dok. Johnson & Johnson Indonesia)
Berikut filter gamifikasi media sosial TB Warriors:
1. Tilt to Defeat TB
Dengan menggunakan deteksi gerak sebagai interaksi antar-muka pengguna (interface user interaction), pemain memiringkan kepala mereka ke kiri atau kanan untuk memindahkan karakter pahlawan di bagian bawah untuk menangkap dan mengusir virus yang muncul di layar. Ketika permainan berlangsung, semakin banyak dan semakin cepat virus yang akan muncul membuat permainan lebih menantang.2. TB Trivia
Menampilkan perpaduan pertanyaan benar-salah dan pilihan ganda, yang mana pemain harus menjawab pertanyaan dengan tepat. Permainan ini menguji pengetahuan pemain tentang TBC untuk mendapatkan poin. Dengan menggunakan deteksi gerak sebagai interaksi antar-muka pengguna, pemain memilih jawaban yang tepat dengan cara memiringkan kepala mereka ke kiri atau kanan.3. Odd-one-out!
Ketuk pada karakter wajah yang tampil di layar secepat mungkin sebelum waktu habis untuk pindah ke kumpulan wajah berikutnya. Semakin cepat pemain mengetuk karakter wajah yang tepat, semakin banyak poin yang didapat.4. Filter Wajah 4-in-1
Pemain dapat memilih empat pilihan filter yang diinginkan sebelum melakukan swafoto.Gerakan sosialisasi ‘United Against TB’ akan diselenggarakan hingga akhir tahun 2022. Para pemuda dapat berpartisipasi aktif atas berbagai kegiatan yang akan diluncurkan seperti gamifikasi TB Warriors, aktivasi hackathon yang mengajak mereka untuk menghasilkan solusi inovatif dan kreatif penanggulangan TBC di antara generasi muda.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)