COMMUNITY

Rumah Tetap Bersih meski Pelihara Kucing, Begini Caranya

Medcom
Jumat 16 September 2022 / 12:15
Jakarta: Memelihara kucing di rumah bisa menjadi solusi saat kamu kesepian. Hewan yang lucu dan menggemaskan ini mampu meningkatkan kebahagiaanmu.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang memelihara kucing cenderung punya Kesehatan psikologis yang baik. Karena tak jarang orang yang penat dengan aktivitasnya, saat pulang ke rumah bisa terobati dengan mengajak bermain kucing peliharaannya.

Namun, saat kamu memiliki kucing peliharaan di dalam rumah, maka kamu juga harus memperhatikan kebersihannya. Jika tidak, kamu harus bersiap dengan ruangan yang bau dan kotor.

Rumah yang jorok bisa menimbulkan banyak penyakit untuk hewan peliharaan dan juga orangnya. Simak beberapa tips agar rumah tetap bersih dan terjaga walau ada si manis di dalamnya:
 

1. Beri makanan dengan tepat


Pilihlah makanan yang cocok pada kucing. Jika makanan yang kamu beri tidak cocok untuk pencernaanya, kucingmu bisa mengalami kerontokan bulu hingga diare. Sudah pasti jika kucing seperti itu ruangan akan jauh dari kata bersih.
 

2. Gunakan liter box


Liter box dan pasir yang wangi dapat digunakan untuk anak bulumu buang air kecil maupun besar. Sehingga kucing tidak akan buang kotoran sembarangan.
 

3. Pilih kandang yang nyaman


Menempatkan kucing dalam kandang memang tidak baik, namun penggunaan kandang dengan tepat dapat membantumu saat membersihkan rumah atau saat sedang ada tamu. Pilihlah kandang yang lebih besar dari ukuran kucing, agar si manis tetap bergerak leluasa.
 

4. Bersihkan rumah secara teratur


Selain dari kucingnya yang menjaga kebersihan, pemilik rumah juga wajib membersihkan ruangan secara teratur. Pastikan rumahmu tetap terjaga dan wangi agar tetap nyaman ditinggali.
 

5. Memandikan peliharaanmu


Seperti manusia, kucing juga bisa bau jika jarang dibersihkan. Maka kamu harus memandikan kucingmu 4-6 minggu sekali. Guna menjaga kebersihan dan kesehatan hewan kesayangan.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH