COMMUNITY

Sering Dianggap Sepele, Ini 3 Hal Utama dalam Safety Riding saat Berkendara

Raka Lestari
Jumat 17 Desember 2021 / 18:12
Jakarta: Di tengah semakin padatnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia, praktik safety riding menjadi salah satu hal yang terus ditekankan oleh pemerintah, dan berbagai pihak.

Pasalnya, berdasarkan laporan yang dirilis oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri), sejak Januari - Oktober 2021 saja, terdapat lebih dari 80.000 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

Untuk menekan angka tersebut, pengendara harus terus memperketat safety riding sebagai pedoman utama dalam berkendara, terutama bagi pengendara sepeda motor yang terus meningkat.

Nah, bagi kamu yang sering berkendara menggunakan motor, berikut adalah 3 hal utama yang perlu diperhatikan agar tetap aman saat berkendara:
 

1. Periksa komponen penting dan jangan sepelekan kondisi fisik motor


Langkah awal sebelum berkendara sepeda motor adalah selalu cek kondisi motor sebelum bepergian. Beberapa komponen yang perlu diperhatikan adalah kondisi angin ban, radiator, lampu motor, rem, dan rantai motor.

Pastikan komponen tersebut dalam kondisi baik agar terhindar dari kecelakaan kendaraan. Agar tetap terjaga, bawalah tool kit ke manapun kamu pergi untuk mengantisipasi adanya masalah yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk mengecek oli secara berkala agar motor tidak mogok di jalan.
 

2. Tidak hanya helm, gunakan juga perlengkapan pelindung pkstra untuk badan dan tangan


Kamu pasti sudah cukup familiar dengan kewajiban penggunaan helm berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI) saat berkendara. Helm berfungsi untuk melindungi bagian kepala dari adanya risiko benturan jika terjadi kecelakaan serta mampu melindungi mata dari debu, angin, atau benda lainnya.

Selain area kepala dan wajah, kamu juga bisa memberikan proteksi lebih terhadap bagian tubuh lainnya yang rentan terpapar, seperti badan dan tangan. Hal ini juga penting untuk diperhatikan lantaran motor tidak memiliki body yang tertutup seperti mobil, sehingga risiko kecelakaan pada pengendara motor relatif lebih besar.
 

3. Fokus pada keselamatan diri sendiri dan orang lain


Pastinya, kamu sudah sering mendengar untuk mematuhi rambu lalu lintas dan aturan berkendara. Selain hal tersebut, kita juga harus lebih peduli dengan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain saat berkendara dengan tidak menggunakan smartphone saat berkendara, fokus pada jalan, menggunakan kode sein yang sesuai, dan jaga jarak aman.

Jika sedang berkendara, jangan menyalakan rokok karena bisa mengganggu konsentrasi dan abu rokok dapat membahayakan pengendara lain. Jalanan bukan hanya milik sendiri sehingga gunakan jalan yang ditujukan untuk motor dan tidak menerobos ke trotoar.
(FIR)

MOST SEARCH