COMMUNITY

Sukses Diselenggarakan, Art Jakarta 2022 Dihadiri Puluhan Ribu Penonton

Rosa Anggreati
Selasa 13 September 2022 / 21:01
Jakarta: Art Jakarta 2022  telah  mengakhiri  edisi ke-12 setelah digelar selama tiga hari pada 26 hingga 28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Dengan total jumlah pengunjung lebih dari 32 ribu, melebihi ekspektasi semula, pekan seni ini sukses dengan kembali menghadirkan kancah seni rupa yang hidup ke hadapan masyarakat luas, di tengah tantangan pascapandemi sejak terakhir kali hadir pada 2019.

Semarak pengunjung  pekan  seni  ini  memberikan  sinyal  akan pemulihan  kancah seni  rupa dari pandemi, melalui apresiasi terhadap lebih dari 1.600 karya oleh lebih dari 500  seniman dari 10 negeri Asia.

"Lewat Art Jakarta tahun ini, kita hadir bersama-sama kembali untuk merayakan kreativitas  dan kejeniusan  para seniman  kita. Art Jakarta selalu berkomitmen untuk  memperkuat dan mendukung ekosistem seni Indonesia, dan kami akan selalu mengupayakan hal  tersebut.  Kami  harap,  pekan seni  ini  menandakan awal  baru,  awal untuk  masa depan yang lebih baik lagi," kata Fair Director Art Jakarta Tom  Tandio.

Dengan  laporan   penjualan   yang  sangat  positif,   Art  Jakarta  maka mempertahankan posisinya  sebagai  salah  satu ajang  seni  rupa terpenting  di  Asia  Tenggara.  Program Art Jakarta yang mencakup berbagai segmen dan bincang-bincang berkontribusi atas keberhasilannya dalam mempertemukan kembali seniman, profesional seni, dan pemangku kepentingan lain di kancah seni rupa. Dengan demikian, Art Jakarta melanjutkan perannya dalam  menghadirkan  bakat-bakat luar  biasa, khususnya dari Indonesia dan sekitarnya, di atas panggung internasional.

Art  Jakarta 2022  mempersembahkan edisi  pertama AJ1, sebuah platform  bagi  sembilan partisipan internasional untuk  memamerkan ekshibisi solo di tengah kondisi logistik internasional  yang  rumit.  Bali  Art  Scene,  sebuah  segmen  persembahan  khusus untuk empat  galeri   Bali   yang  menjanjikan,   mendapat  sambutan  hangat  dari   publik   yang merasakan kedekatan dengan Bali.

Art Jakarta NFT, menghadirkan kolektif dan seniman berbakat dalam  sebuah kolaborasi  seru,  menjadi  platform  yang sangat diapresiasi  oleh para kolektor dan seniman NFT. Sementara itu, AJX, sebuah platform kolaboratif antara Art Jakarta dan institusi mitra, merepresentasikan proyek-proyek menarik oleh profesional seni dengan visi  yang seiring-sejalan.  Proyek-proyek ini mencakup karya-karya mutakhir para pemenang UOB Painting of the Year Asia Tenggara di UOB Art Space, persembahan UOB Indonesia;   karya  seri   berjudul   “Fountain”   oleh   Marco   Cassani,   dipersembahkan   oleh platform   investasi   reksa  dana  Bibit;   dan  lukisan-lukisan   dari   para  seniman   Mazhab Bandung lintas generasi, persembahan Museum Tumurun dari Solo, Indonesia.

Art Jakarta akan kembali pada 25 hingga 27 Agustus 2023.
(ROS)

MOST SEARCH