COMMUNITY

Hai Kucing, Main Yuk!

Mia Vale
Senin 04 Oktober 2021 / 15:00
Jakarta: Siapa bilang hanya manusia yang perlu bergerak. Binatang peliharaan pun butuh bergerak aktif. Kucing misalnya. Mereka juga butuh beraktivitas untuk menghilangkan stres, membangun otot, dan mencegah atau mengurangi  perilaku yang tidak diinginkan.

Salah satu cara yang paling simpel untuk membuat kucing bergerak adalah dengan bermain. Ya, dengan bermain, si kucing akan memicu instingnya. Lantas, bermainnya seperti apa?

Tenang, kami telah melansir dari WebMD mengenai beberapa jenis mainan kucing yang bisa kamu beli untuk hewan berbulu kesayanganmu ini. 
 

Jenis mainan kucing


Layaknya anak-anak, umumnya kucing, utamanya anak kucing, suka bermain. Berbagai bentuk dan ukuran pun sudah banyak dijual di pasaran. Berikut beberapa mainan kucing yang umum digunakan:


mainan kucing
(Mainan bola. Foto: Dok. Ebay)
 

1. Mainan bola


Naluri kucing adalah berburu mangsanya. Nah, biasanya, mainan bola ini meniru gerakan mangsa. Saat bola digelindingkan, secara spontan kucing akan bergerak untuk mengejar. Sehingga insting kucing akan terlatih untuk bergerak cepat. 

Apalagi mainan bola ini disediakan dengan banyak ragam. Mainan bola yang menjadi kegemaran si kucing biasanya bola berbentuk tikus, bola dari spons yang empuk, atau bola dengan lonceng. Dan untuk menambah keseruannya bermain, kamu juga bisa ikut main bersama, loh. Tapi, siap-siap untuk mengambil bola kala masuk ke kolong sofa, ya. 


mainan kucing
(Catnip. Foto: Dok. Kaskus)
 

2. Mainan catnip


Mainan kucing yang satu ini termasuk antimainstream. Catnip yang notabene berupa boneka berbentuk hewan atau makanan sangat mirip dengan aslinya. Yang membuat unik, boneka tersebut diisi catnip, tanaman yang dapat menstimulasi kucing. 

Bagian luar mainan ini dilapisi kain yang tidak mudah robek. Catnip bisa digunakan untuk melatih cakar dan kekuatan dan menggigit anak kucing. Juga untuk pembangkit semangat jika dia jarang dan malas bergerak. 


mainan kucing
(Mainan tongkat. Foto: Dok. Joom)
 

3. Mainan tongkat


Biasanya berupa tongkat dengan pita atau tali yang menjuntai di ujungnya. Ada juga yang memberi mainan, bulu, atau kerincingan di ujung tali untuk lebih menarik perhatian si kucing. Mainan juga bisa melatih insting dan reflek kucing, serta kelincahan kucing tentunya. 

Selain melatih insting, membuatnya bergerak, meningkatkan kekuatan cakar dan gigi, alat bermain ini juga membangun dan menjaga hubungan kucing dengan si empunya. Kucing akan menghargai interaksi dengan orang-orang bahkan lebih dari mereka menghargai mainannya. 

Nah, agar kamu tersenyum sebelum memutuskan membeli mainan yang mana yang paling pas untuk teman berbulu kamu ini, kami berikan video lucu gaya cute kucing dengan aneka mainan. 



(TIN)

MOST SEARCH