COMMUNITY

5 Tanaman Hias dengan Harga Selangit, Minat Mengoleksi?

Mia Vale
Rabu 29 Juni 2022 / 08:05
Jakarta: Kalau sudah hobi, harga berapa pun, kadang tidak jadi masalah. Begitu juga dengan tanaman hias. Walaupun harga bisa bersaing dengan mobil, bagi seorang pencinta tanaman tetap akan diburu. 

Sebut saja Anggrek Nongke Shenzhen, yang berhasil dijual dengan harga USD224,000 pada tahun 2005, kisaran Rp3,3 juta bila dikurs tahun 2022. Houseplant ini dibuat di laboratorium universitas oleh para ilmuwan, dibutuhkan waktu delapan tahun untuk membuatnya. 

Di Indonesia sendiri, tanaman hias dengan harga fantastis ini juga pernah menjadi tren di kalangan kolektor tanaman dan orang awam. Kalau kamu masih ingat, pada tahun 2007, Gelombang Cinta pernah menjadi tanaman hias yang begitu populer, di mana harganya bisa mencapai miliaran Rupiah untuk satu pot. 

Pernah juga pada tahun 2019-an, tren Monstera adansonii atau Janda Bolong menjadi idaman para pemburu tanaman hias dan jadi viral di media sosial. Berikut tanaman hias dengan harga yang bisa bikin melongo, seperti yang dilansir dari GardeningEtc. Siapa tahu, kamu berminat untuk mengoleksi.
 

1. Variegated Monstera 



(Variegated Monstera. Foto: Dok. Gardeningetc)

Tanaman asli Meksiko dan Panama Utara ini menjadi salah satu tanaman hias yang paling langka dan mahal. Variegated Monstera berukuran kecil saja, bisa dibandrol Rp 740 ribu, dan 74 juta Rupiah merupakan harga tertingga yang pernah dicapai oleh tanaman ini. Tanaman hias yang termasuk langka ini pigmentasinya memberikan pola berbeda pada setiap daun. 

Variegated Monstera menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir, sebagian karena pemburu tanaman hias selalu mencari sesuatu yang berbeda, dan juga karena mereka sangat langka dan indah. Kelangkaan ini karena perambatan yang lambat dan hanya dapat ditanam di laboratorium menggunakan stek batang, tanaman itu jarang ditemukan.
 

2. Hoya Carnossa Compacta 



(Hoya Carnossa Compacta. Foto: Dok. Gardeningetc)

Tanaman hias ini memiliki ciri khas daunnya berwarna hijau tua, tebal, dan melengkung. Umumnya Hoya Carnossa Compacta, dijual dikisaran harga Rp590 ribu sampai Rp96 juta. Tergantung kelangkaan variasi dan daunnya Tanaman ini kadang memiliki bunga dan daun dengan tekstur lilin yang serupa. Dikatakan bahwa tanaman yang memiliki warna krem/kuning di bagian dalam daun sehingga lebih diminati pembeli.
 

3. Philodendron Pink Princess




(Philodendron Pink Princess. Foto: Dok. Gardeningetc)

Tanaman asal Kolombia dengan ciri warna pink cerah pada daun hijau tua ini dapat berkembang baik di tanah maupun air. Masalah harga, Philodendron Pink Princess yang paling kecil biasanya dijual berkisar Rp1,4-4,4 jutaan. Sedangkan untuk ukuran besar dengan variegasi unik, senilai Rp14,8 juta.
 

4. Old Pine Bonsai Tree



(Old Pine Bonsai Tree. Foto: Dok. Gardeningetc)

Banyak orang tentu sudah paham bahwa bonsai merupakan tanaman koleksi yang harganya bisa bikin geleng-geleng kepala. Di dunia, Old Pine Bonsai Tree menjadi salah satu bonsai termahal yang selamat dari serangan Hiroshima pada Perang Dunia II. 

Bonsai tersebut bisa disebut legendaris sebab membutuhkan lebih dari 400 tahun dan enam generasi perawatan untuk bertahan hidup. Tanaman bonsai ini terjual seharga Rp 19 miliar di Konvensi Bonsai Internasional di Takamatsu, Jepang.
 

5. Anthurium Regale



(Anthurium Regale. Foto: Dok. Gardeningetc)

Ujung runcing dan dan batang daun yang berwarna cerah membuat tanaman ini langka, dalam familinya, Anthurium Regale punya daun yang lebih besar dan terlihat berbeda dari varietas lain. Budidayanya pun tidak mudah. Dengan begitu, jangan heran kalau Anthurium Regale berkisar antara Rp1,4-5,9 juta.

(TIN)

MOST SEARCH