COMMUNITY

Filosofi Reog Ponorogo di Gala Award

Medcom
Jumat 26 September 2025 / 18:00
Jakarta: Malam penuh apresiasi hadir di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, lewat Gala Award Superbrands Indonesia’s Choice 2025. Ajang bergengsi ini kembali memberikan penghargaan kepada 58 merek ternama yang dinilai berhasil menjaga kualitas, loyalitas pelanggan, hingga dominasi pasar.

Tahun ini, acara Gala Award mengusung tema Reog Ponorogo. Filosofinya dipilih karena pertunjukan ikonik asal Jawa Timur itu melambangkan kekuatan tim, loyalitas, sekaligus kecerdasan dalam merespons perubahan yang merupakan sebuah nilai yang sejalan dengan perjalanan membangun dan menjaga brand.

"Pemilihan tema ini merujuk pada sejarah dan filosofi bahwa Reog Ponorogo adalah produk inovasi untuk merespons situasi dan kondisi yang terjadi pada saat itu, menjadi sebuah pertunjukan ikonik. Reog Ponorogo merupakan pertunjukan tim yang memiliki insight bagi para pemilik merek tentang bagaimana membangun kekuatan merek," kata CEO Superbrands Indonesia, Grandtyana Mayasari

Dia menjelaskan bahwa seluruh merek pemenang telah melewati proses seleksi ketat oleh Nielsen dan tim Superbrands. Ada lima kriteria utama yang menjadi tolok ukur, yakni market dominance, longevity, good will, customer loyalty, dan overall market acceptance. 

"Merek yang menyandang status Superbrands berhak mencantumkan Superbrands seals di produk maupun materi komunikasinya. Itu simbol kepercayaan dan kualitas bagi publik,” ujar Grandtyana.
 
baca juga: Kolaborasi Multi Sektor untuk Kakao yang Berkelanjutan


Riset Nielsen sendiri dilakukan di enam kota besar, mulai dari Jabodetabek hingga Makassar. Hasilnya, brand-brand terpilih dianggap bukan sekadar memenuhi kebutuhan, tapi juga menghadirkan solusi nyata bagi konsumen Indonesia. 

"Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas kerja keras pemilik merek dalam merancang strategi, inovasi, dan program berorientasi pasar," tambah Grandtyana.




Dengan semangat inovasi dan filosofi Reog Ponorogo, ajang ini bukan hanya sekadar seremoni penghargaan, tapi juga perayaan atas kerja keras merek-merek yang telah menjadi bagian penting dari kehidupan konsumen di Indonesia.

Mereka juga coba terus mengedukasi masyarakat lebih cermat memilih produk berkualitas. Tak hanya itu, Superbrands rutin menghadirkan program inovatif seperti Smart Festival dan Superbrands Baby League sebagai wadah kreatif bagi pemilik merek dalam memperkuat nilai brand mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ELG)

MOST SEARCH