End Google Analytics -->
COMMUNITY

Komunitas id42ner Gelar Baksos Layanan Kesehatan bagi Pengungsi Gempa Cianjur

Rosa Anggreati
Selasa 17 Januari 2023 / 15:38
Jakarta: Komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia (id42ner) menyalurkan bantuan sekaligus mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) berupa pelayanan kesehatan untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung pada 12 Januari 2023 itu diprakarsai oleh Bambang Sukendro. "Acara kita mulai dari jam 07.00-18.00 WIB. Acara CSR id42ner ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terdampak gempa Cianjur," kata Bambang.

Ratusan pengungsi korban gempa Cianjur tampak mengikuti pelayanan kesehatan. Mereka ditangani oleh tim yang terdiri atas tiga dokter gigi, dua perawat gigi, dan enam orang apoteker. Kegiatan turut dibantu oleh Karang Taruna Desa Cariuk.



Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan umum dan gigi gratis. Sebanyak 150 anak dan dewasa melakukan pemeriksaan dan tindakan cabut gigi, serta 200 pengungsi berobat umum.

"Banyak pengungsi menderita penyakit gatal-gatal, ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), pusing, dan demam," kata dokter yang menangani pengungsi sekaligus anggota id42ner, dr Tan Devi.

Selain itu, id42ner juga berencana membangun sarana mandi cuci kakus (MCK) dan pompa air bersih untuk menunjang kebutuhan sanitasi para pengungsi korban gempa Cianjur. 
(ROS)

MOST SEARCH